NEWS

Monday, 17 July 2017

OPTIMIS CAPAI SWASEMBADA KEDELAI, MAROS SIAPKAN LAHAN 50 HEKTAR DI TOMPOBULU

Pemerintah kabupaten Maros menyiapkan sekitar 50 hektar area untuk dimanfaatkan mengembangkan kedelai demi mendukung pencapaian swasembada kedelai.

Lahan tersebut merupakan lahan sawah tadah hujan yang disiapkan di Dusun Tombolo, Desa Tompobulu, Kecamatan Tompobulu, kabupaten Maros.

Wakil Bupati Maros, HA Harmil Mattotorang saat mendampingi pihak Kementrian Pertanian meninjau lahan tersebut, sabtu (15/7/3017) mengatakan, peningkatan produktivitas kedelai perlu dilakukan dengan penerapan teknologi spesifik lokasi.

Menurut Harmil, Hal itu diupayakan melalui peningkatan indek tanam (IP) di lahan sawah irigasi dan tadah hujan. Selain itu lahan kering juga akan digarap dengan sistem monokultur maupun tumpasari, dan terus melakukan pembukaan areal baru.

Harmil mengungkapkan, penanaman kedelai yang dilakukan kelompok tani ini diharapkan dapat mendorong pencapaian swasenbada kedelai  di wilayah kabupaten Maros sehingga Maros optimis mampu melaksanakan swasembada kedelai.

Sementara itu, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kementrian Pertanian RI, DR. Ir. Muji Syakir MP mengatakan, yang menjadi target utama pemerintah dalam lima tahun ke depan adalah kedelai karena selama ini, hanya dua komoditi saja yang menjadi unggulan yakni padi dan jagung, sehingga diupayakan kedelai juga bisa menjadi idola swasembada pangan. (maros fm news department)

 
Copyright © 2014 107,3 Maros FM, Spirit Butta Salewangang. Designed by Radio Butta Salewangang (BS FM).