NEWS

Tuesday, 2 May 2017

JANJI TINGKATKAN MUTU DAN KUALITAS PENDIDIKAN, BUPATI PANTAU LANGSUNG PELAKSANAAN UNBK DI MAROS

Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Maros yang bertepatan Hari Pendidikan Nasional, selasa (2/5/2017) berjalan lancar.

Sebanyak 8 sekolah yang melaksanakan UNBK terdiri dari 5 sekolah negeri yakni SMPN 1 Maros, SMPN 2 Unggulan Maros, SMP 4 Maros, SMPN 5 Mandai. Sementara 3 sekolah swasta diantaranya SMP Angkasa, SMP Al-Islah dan Darul Istiqamah.

Dari 8 sekolah tersebut, 2 diantaranya yakni SMP Negeri 5 Mandai dan  SMP Negeri 1 Maros dipantau langsung Bupati Maros, HM Hatta Rahman, Ketua DPRD Maros, H. AS Chaidir Syam serta beberapa pejabat Pemkab dan unsur Muspida lainnya.

Bupati Maros bersama Ketua DPRD Maros saat memantau pelaksanaan UNBK di SMPN 1 Turikale Maros (2/5/2017) (dok. ist)

Hatta Rahman mengatakan, pelaksanaan UNBK yang bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional ini tentu menjadi tantangan kedepan apalagi sesuai tema hari pendidikan tahun ini adalah peningkatan mutu dan kualitas pendidikan. Sehingga tentu kedepan harus dipersiapkan sarana dan prasarana yang memadai untuk sekolah.

Menurutnya, UNBK ini jauh lebih efektif dan efisien dibanding ujian konvensional yang selama ini dilaksanakan. Karena tidak akan ada lagi tindak kecurangan yang bisa dilakukan peserta ujian maupun pihak guru. 

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Maros, Arifuddin Wahab menyebutkan, peserta UNBK untuk SMP di Maros yakni 1703 siswa dari 8 sekolah. Angka ini sudah mencapai 15 persen dan jauh melampai target yang sebelumnya hanya diprediksi 10 persen saja. 

Arifuddin mengakui kendala seperti kekurangan komputer, jaringan internet serta pasokan listrik memang ada tetapi sudah dapat diantisipasi pihak sekolah. (maros fm news department)
 
Copyright © 2014 107,3 Maros FM, Spirit Butta Salewangang. Designed by Radio Butta Salewangang (BS FM).