NEWS

Monday, 10 April 2017

TINGKATKAN SDM PENGELOLA PERPUSTAKAAN SEKOLAH, DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN MAROS GELAR BIMTEK

Pengelola Perpustakaan Sekolah yang ada di Kabupaten Maros diharapkan bisa lebih profesional dalam penertiban administrasi pengelolaan dan layanan perpustakaan di sekolah sehingga bisa membuat siswa nyaman dan semakin betah berlama-lama berada dalam perpustakaan sekolah.

Hal itu disampaikan Plt Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Maros, dr. Firman Jaya, minggu (9/4/2017).

Salah seorang pustakawan madya Sulsel saat memberikan materi dalam Bimtek Pengelolaan Perpustakaan Sekolah di Maros, 29 sampai 31 Maret 2017. (dok. maros fm)

Firman Jaya menjelaskan saat ini pihaknya terus mendukung berbagai program untuk menjadikan Kabupaten Maros sebagai Kota Literasi. Salah satu langkah yang dilakukan yakni dengan meningkatkan kualitas SDM pengelola perpustakaan sekolah sebagai tenaga profesional di bidang perpustakaan dengan menggelar Bimbingan Teknis Pengelolaan Perpustakaan Sekolah.

Firman Jaya mengaku kegiatan Bimtek Pengelolaan Perpustakaan masih minim karena belum pernah diadakan sebelumnya dan baru dilaksanakan setelah Kantor Perpustakaan berubah menjadi Dinas Perpustakaan di tahun 2017 ini.

Dari data yang ada, sekitar 250 pengelola perpustakaan SD, 60 Pengelola Perpustakaan SMP, 103 pengelola perpustakaan desa dan kelurahan serta kurang lebih 100 pengelola perpustakaan Masjid. Diantara jumlah tersebut, baru sekitar 50 yang pernah mengikuti Bimtek Pengelolaan Perpustakaan.

Kabid Pengelolaan Kepustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Maros, Jamaluddin S.Pd, M.Pd mengatakan, Bimtek Pengelolaan Perpustakaan Sekolah sudah dilaksanakan akhir maret 2017 lalu selama 3 hari di Maros dengan menghadirkan berbagai pemateri dari Pustakawan Madya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel seperti A. Amriana S.Sos, MM, Hasni Djabir, S.Sos, M.Ap, Sitti Aliyah S.Sos, MM serta Jumala Syamsuddin S.Sos, MM.

Jamaluddin juga menjelaskan dalam acara Bimtek tersebut dilaksanakan penandatanganan MOU dan Penyerahan kartu anggota perpustakaan sebagai upaya untuk meningkatkan minat baca masyarakat luas dalam mendukung Kabupaten Maros menjadi Kota yang masyarakatnya gemar membaca. (Maros FM News Department)
 
Copyright © 2014 107,3 Maros FM, Spirit Butta Salewangang. Designed by Radio Butta Salewangang (BS FM).