NEWS

Wednesday, 5 April 2017

"QUICK RESPON" TANGANI LAKALANTAS DI MAROS, POLANTAS DAN TIM MEDIS GELAR SIMULASI PPGD

Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Maros bersama Dinas Kesehatan Pemkab Maros serta Tim Medis Klinik Anindita Polres Maros menggelar simulasi Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD) di lokasi rawan kecelakaan lalulintas, selasa (4/4/2017) di jalan Poros Maros Pangkep, Desa Salenrang Kabupaten Maros.

Dalam giat tersebut, petugas yang dilibatkan terdiri dari pihak Dinkes Maros 6 orang dengan membawa alat medis, Tim Medis klinik Anindita Polres Maros 4 orang menggunkan ambulance lengkap dengan alat kesehatan serta Personil Satlantas unit Laka 6 orang dengan membawa alat olah TKP.

Simulasi Penanganan Pada Kecelakaan Lalu Lintas di Poros Maros - Pangkep (4/4/2017) (dok. ist)

Kasatlantas Polres Maros, AKP Sahabuddin menjelaskan, dalam simulasi itu dimulai dengan terjadinya Lakalantas dimana sebuah mobil dan sepeda motor menabrak truk dari belakang sehingga mengakibatkan mobil dan pengendara sepeda motor tersebut luka parah. Dalam kejadian itu terdapat 3 korban yang langsung di evakuasi dengan cekatan oleh tim medis dan personil satlantas. Usai Evakuasi, personil satlantas kemudian melakukan olah TKP dan pendataan korban.

Menurut AKP Sahabuddin, kegiatan ini sengaja dilaksanakan guna meningkatkan profesionalisme masing-masing personil baik Kepolisian dan Tenaga medis sehingga tercipta kerjasama yang baik secara terpadu untuk "quick respon" menangani kasus lakalantas dan pertolongan terhadap korban lakalantas.

Kedepannya, AKP Sahabuddin berharap jika terjadi kasus lakalantas yang mengakibatkan adanya korban, maka personil Satlantas Polres Maros dan tim medis dari rumah sakit atau puskesmas terdekat bisa bersama-sama menuju ke tempat kejadian untuk melaksanakan kegiatan sesuai peran masing-masing. (maros fm news department)
 
Copyright © 2014 107,3 Maros FM, Spirit Butta Salewangang. Designed by Radio Butta Salewangang (BS FM).