NEWS

Sunday, 30 April 2017

MESKI PROGRAM USAID PRIORITAS BERAKHIR DI MAROS, BUPATI HARAP PRAKTIK BAIK PENDIDIKAN TERUS BERLANJUT

Program USAID Prioritas yang didanai USAID yang dirancang untuk membawa pendidikan kelas dunia untuk siswa di Indonesia, kini telah berakhir di Kabupaten Maros.

Penutupan Program tersebut dilaksanakan jumat (29/4/2017) di Aula Al-Markas Al Islami Kabupaten Maros dihadiri Bupati Maros, HM Hatta Rahman, Ketua DPRD Maros, H.AS Chaidir Syam, Provincial Coordinator USAID Prioritas, Jamaruddin, unsur Dinas Pendidikan Maros, Kemenag, kepala UTD Se-Kabupaten Maros serta seluruh fasilitator USAID Prioritas yang ada di Kabupaten Maros.

Bupati Maros saat menerima penghargaan dari Coordinator Provincial Usaid Prioritas Sulawesi Selatan, Jamaruddin di Aula Al-Markas Al-Islami Maros (29/4/2017) (dok. maros fm)

Hatta Rahman dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas program ini dan berharap USAID tetap melanjutkan program tersebut karena sejalan visi misi Maros 2021, apalagi saat ini Maros mendapat peringkat ke-8 Se-Indonesia sebagai kota literasi.

Hatta juga mengatakan tahun ini pihaknya akan membagikan Ipad berisi ribuan bacaan untuk sekolah di Maros karena saat ini dunia teknologi harus dimanfaatkan untuk terus mendukung proses pengembangan di sekolah.

Bupati Maros bersama Ketua DPRD Maros juga menyempatkan berkunjung ke beberapa Stand Praktik yang ada dalam penutupan program tersebut untuk melihat hasil praktik belajar murid yang dinilai berhasil dalam program USAID Prioritas tersebut. 

Adapun Stand baca atau Pojok baca yang berjejer dalam acara ini bertujuan memperlihatkan beberapa karya bacaan bagi pengunjung dimana praktik baik pembelajaran sekolah mulai dari SD - SMP atau MTs ikut membangun budaya baca atau literasi serta menampilkan presentasi siswa hasil dari program USAID Prioritas.

Sementara Coordinator Provincial, Jamaruddin mengatakan kerjasama yang telah terjalin sejak 2012 di Maros telah mendukung secara teknis peningkatan kualitas pengajaran dan pembelajaran serta tata kelola sekolah-sekolah. Lebih dari 355 sekolah (SD, SMP, MI dan Madrasah) di Maros telah menerima manfaat dari program kemitraan ini.

Jamaruddin juga menjelaskan, Program juga  telah meningkatkan kapasitas  2.326 guru dan staf pendidikan lainnya. Program Pemerataan Guru yang diimplementasikan di Maros atas asistensi USAID PRIORITAS juga  telah meningkatkan kemampuan pemerintah daerah untuk mengkoordinasikan, merencanakan,  mendanai layanan pendidikan dan melakukan distribusi pendidik berbasis data.

Dalam penutupan tersebut juga dilaksanakan penyerahan Piagam Penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Maros karena telah menjadi mitra USAID PRIORITAS dalam memperkenalkan teknik pembelajaran dan pengajaran aktif dan kontekstual, manajemen berbasis sekolah, budaya baca dan juga peningkatan partisipasi masyarakat dalam pengembangan sekolah. (maros fm news department)
 
Copyright © 2014 107,3 Maros FM, Spirit Butta Salewangang. Designed by Radio Butta Salewangang (BS FM).