NEWS

Thursday, 13 April 2017

GENJOT PAD SEKTOR PAJAK, PEMKAB MAROS SOSIALISASI REGULASI PBB-P2 BAGI SELURUH CAMAT DAN LURAH/KADES

Pemerintah Kabupaten Maros menggelar Sosialisasi Regulasi Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) bagi seluruh camat dan kepala desa/lurah serta petugas PBB se-Kabupaten Maros, kamis (13/04/2017) di ruang pola Kantor Bupati Maros.

Kegiatan tersebut dihadiri Bupati Maros, HM. Hatta Rahman, Wakapolres Maros Kompol Emile R Hartanto, Kepala Kejari Maros Eko Suwarni, Sekda Maros Baharuddin, Kepala Badan Keuangan Daerah Kabupaten Maros H. Takdir, Pihak Bank Sulselbar, Petugas PBB serta seluruh Camat, lurah dan kepala desa se-Kabupaten Maros.

Selain sosialisasi, dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan penyerahan Surat Perintah Pajak Terutang (SPPT) dan Daftar Himpunan Ketetapan Pajak (DHKP) ke seluruh Kades/Lurah serta penandatanganan MOU antara Pemkab Maros dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Maros melalui pembentukan Tim Pengawal Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D). Tim ini akan melakukan pengawalan dan pengamanan, baik dalam kegiatan perencanaan, pelaksanaan serta pemanfaatan hasil pembangunan. 

Bupati Maros bersama Sekda, Kepala BKD, Kajari Maros dan Wakapolres saat Penandatanganan MOU dalam Sosialisasi Regulasi Pajak Bumi dan Bangunan pedesaan dan Perkotaan serta penyerahan SPPT dan DKHP kepada Kepala Desa dan Lurah se-Kabupaten Maros. (13/4/2017) (dok. maros fm)

Kepala Badan Keuangan Daerah Kabupaten Maros, H. Takdir mengatakan acara tersebut digelar agar pihak terkait seperti Pemdes meningkatkan pelayanan dengan memberikan kemudahan dalam pembayaran pajak sekaligus memberikan pemahaman dalam menumbuhkan kesadaran warga selaku wajib pajak untuk segera melunasi PBB-P2 di wilayahnya masing-masing.

Sementara Bupati Maros, HM. Hatta Rahman mengatakan, Pendapatan Anggaran Daerah (PAD) Maros sudah mengalami peningkatan namun pihak Pemkab tetap akan berupaya maksimal termasuk menyesuaikan standar harga pajak. 

Hatta menjelaskan pihaknya saat ini sudah bekerja sama dengan Bank Sulselbar Maros untuk memberikan kemudahan bagi wajib pajak di pedesaan dengan menyiapkan mobil bank Sulselbar yang akan masuk desa agar masyarakat lebih cepat dan mudah dalam membayar pajak PBB dan SPPT Tahunan. 

Dalam sosialisasi ini juga disampaikan penekanan tentang kebijakan Bupati Maros terkait PBB Gratis untuk nilai pajak Rp20.000 ke bawah. Kebijakan tersebut dikeluarkan untuk membantu masyarakat, terutama yang kurang mampu dalam memenuhi kewajibannya membayar pajak.

Selain SPPT dan DHKP juga dibagikan spanduk imbauan kepada masyarakat untuk membayar SPPT PBB 2017 ke Bank Sulselbar, spanduk imbauan ini diserahkan kepada camat, lurah dan kepala desa untuk dipasang di kantornya masing-masing. (maros fm news department)
 
Copyright © 2014 107,3 Maros FM, Spirit Butta Salewangang. Designed by Radio Butta Salewangang (BS FM).