NEWS

Friday, 14 April 2017

DORONG SISWA CINTA LITERASI, DINAS PERPUSTAKAAN DAN ARSIP MAROS GELAR LOMBA BERCERITA DAN PUISI ANTAR SEKOLAH

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Maros mengadakan Lomba Bercerita dan Puisi tingkat SD/MI, SMP/MTS, SMA/SMK/MA Se-Kabupaten Maros sejak senin (10/4/2017) hingga kamis (13/4/2017) di Gedung Kesenian Maros jalan Lanto Dg. Pasewang.

Lomba Bercerita antar SD/MI dilaksanakan pada senin (10/4/2017) diikuti 25 peserta, lomba puisi tingkat SD/MI dilaksanakan selasa (11/4/2017) diikuti 37 peserta, lomba puisi tingkat SMP/MTs dilaksanakan rabu (12/4/2017) dan Lomba puisi tingkat SMA/SMK/MA dilaksanakan kamis (13/4/2017).

Salah seorang peserta Lomba Bercerita tingkat SD dalam acara yang digelar Dinas Perpustakaan dan Arsip Maros mulai senin 10/4/2017) hingga kamis (13/4/2017) (dok. maros fm)

Lomba ini dibuka Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Maros dr. H. A. Firman Jaya dihadiri Ketua Badan Kerjasama Kesenian Indonesia (BKKI) Kab. Maros Drs. H. Husni Siame dan Pemerhati Kesenian seperti Alwi Assagaf dan Lory Hendradjaya.

dr. Firman Jaya, kamis (13/4/2017) menjelaskan kegiatan rutin yang dilaksanakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Maros ini sudah memasuki tahun ke-7 untuk lomba bercerita, dan tahun ke-4 untuk lomba puisi. Tujuannya untuk meningkatkan minat membaca dan mengasah kemampuan pelajar dalam menjaga nilai - nilai budaya termasuk sejarah di Kabupaten Maros. 

dr. Firman Jaya berharap dengan kegiatan ini, siswa siswi sekolah mencintai dunia sastra, dan untuk tahap awal memang hanya membaca puisi karya orang lain, namun kedepannya bisa juga membuat puisi sendiri yang pada gilirannya akan memunculkan banyak sastrawan muda berbakat yang mampu berbicara tidak hanya pada level kabupaten tetapi juga pada tingkat Nasional bahkan Internasional. 

sementara Ketua Panitia yang juga Kabid Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Maros, As'ad Batjolleng, S. Pd, MP.d mengatakan dengan adanya kegiatan rutin lomba cerita dan puisi mulai dari tingkat SD/MI sampai SMA/Sederajat yang diadakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, menjadi salah satu cara untuk menumbuhkan minat baca siswa siswi sehingga memiliki kegemaran dan terbiasa membaca sejak dini.

Selain itu, juara I lomba bercerita tingkat SD/MI nantinya akan mewakili Kab. Maros pada Perlombaan Bercerita tingkat Provinsi Sulsel tahun 2017. (maros fm news department)
 
Copyright © 2014 107,3 Maros FM, Spirit Butta Salewangang. Designed by Radio Butta Salewangang (BS FM).