NEWS

Friday, 10 March 2017

PROLANIS, PROGRAM PUSKESMAS LAU DAN BPJS KESEHATAN PERHATIKAN KESEHATAN PENDERITA DM DAN HIPERTENSI

Puskesmas Kecamatan Lau Kabupaten Maros bekerjasama BPJS Kesehatan menggelar Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) yang menjadi salah satu program kesehatan pada usia lanjut penderita penyakit Diabetes Mellitus (DM) Tipe 2 dan Hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Program yang dilaksanakan di Puskesmas kecamatan Lau, jumat (10/3/2017) tersebut diikuti sekitar 50 peserta dan rutin dilaksanakan setiap bulan di seluruh fasilitas kesehatan tingkat pertama yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Kepala Puskesmas Lau dr. Sry Syamsinar Rachma. S.ked bersama Pengelola Kefarmasian Puskesmas Lau, Supardi saat memberikan edukasi terkait penyakit Diabetes Mellitus dan Hipertensi (10/3/2017) (dok. Ist)

Kepala Puskesmas Lau, dr. Sry Syamsinar Rachma. S.ked menjelaskan kegiatan Prolanis ini terdiri dari beberapa bentuk kegiatan diantaranya Senam Usia Lanjut, penyuluhan tentang penyakit diabetes dan hipertensi, edukasi tentang Informasi Penggunaan Obat diabetes dan hipertensi, Pemeriksaan laboratorium (gula darah) bagi peserta yang menderita diabetes serta pemberian Obat kepada peserta Prolanis dalam waktu satu bulan pemakaian.

Sementara Kepala Kantor Pelayanan BPJS Kesehatan Maros, Sri Wahyuni Kadir mengatakan dalam program ini juga dilaksanakan "Home Visit" atau kunjungan ke rumah penderita, terutama bagi Peserta Prolanis yang baru bergabung, atau peserta yang 3 bulan berturut-turut tidak hadir dalam jadwal kontrol bulanan serta peserta yang baru pulang setelah dirawat inap.

Sri Wahyuni Kadir berharap, melalui Prolanis ini dokter di Puskesmas bisa tetap mengontrol dan menjadi konsultan kesehatan bagi peserta yang menderita penyakit kronis DM dan Hipertensi, sehingga para peserta bisa menerapkan pola hidup sehat secara mandiri. (maros fm news department)
 
Copyright © 2014 107,3 Maros FM, Spirit Butta Salewangang. Designed by Radio Butta Salewangang (BS FM).