NEWS

Friday, 17 March 2017

PMI MAROS IKUT SIMULASI PENYELAMATAN KORBAN PESAWAT JATUH DI BANDARA HASANUDDIN

PMI Kabupaten Maros ikut berpartisipasi dalam latihan Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) Dirgantara Raharja Ke-90 di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar Kabupaten Maros, kamis (16/3/2017).

Selain PMI Maros, Tim medis yang dilibatkan diantaranya dari RS TNI AU. Dr Dody Sardjoto selaku medical center, RSUD Salewangang Maros, RS Grestelina, RSUD DAYA Makassar, RS Bhayangkara, RS Dr. Tajuddin Khalid dan Kantor Kesehatan Pelabuhan.

Dalam simulasi latihan penanggulangan kecelakaan pesawat, anggota PMI Maros bersama tim medis lainnya dengan sigap memberikan pertolongan dan perawatan terhadap korban Pesawat Losari Air yang jatuh dan terbakar di sekitar Bandara. Pesawat nahas itu mengangkut 205 penumpang dan 13 crew pesawat dengan rincian 30 orang meninggal, 81 luka berat dan 49 orang luka ringan.

PMI Maros bersama Tim Medis lainnya menangani korban pesawat jatuh dalam latihan Penanggulangan Keadaan Darurat Dirgantara Raharja Ke-90 di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar Kabupaten Maros (16/3/2017) (dok. ist)

GM PT Angkasa Pura I (persero) Bandara Sultan Hasanuddin, Cecep Marga Sanjaya mengaku sangat berterima kasih atas dukungan seluruh pihak yang terlibat dalam latihan Penanggulangan Keadaan Darurat ini, salah satunya PMI Kabupaten Maros atas respon yang cepat sehingga bisa tiba di lokasi kejadian tepat waktu dan menjalankan tugas masing-masing tim sesuai rencana. 

Menurut Cecep, seluruh kegiatan simulasi ini dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang tertuang di dalam Airport Emergency Plan (AEP) yang terbagi dalam 3 kegiatan simulasi diantaranya latihan kecelakaan pesawat, latihan penanganan kebakaran dan Aviation Security Exercise atau latihan penanggulangan perbuatan melawan hukum di bandara.

Ketua PMI Kabupaten Maros, H. AS Chaidir Syam yang juga hadir selaku Ketua DPRD Maros mengatakan kegiatan PKD ini sangat penting untuk melatih kesigapan personil PMI Maros jika benar-benar terjadi hal darurat termasuk di Bandara Hasanuddin karena latihan ini bukan main-main hingga melibatkan banyak instansi untuk memastikan apabila benar-benar terjadi keadaan yang demikian, maka semua pihak yang terkait sudah mengetahui porsi tugasnya masing-masing. (maros fm news department)
 
Copyright © 2014 107,3 Maros FM, Spirit Butta Salewangang. Designed by Radio Butta Salewangang (BS FM).