NEWS

Thursday, 9 March 2017

75 PEMUDA MAROS IKUT PELATIHAN DAN SERTIFIKASI SKKNI BIDANG TIK

Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementrian Komunikasi Dan Informatika RI melalui Dinas Kominfo Kabupaten Maros menggelar Pelatihan dan Sertifikasi SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia) Bidang TIK, di Aerotel Smile Makassar, rabu kemarin (8/3/2017).

Kegiatan resmi dibuka Wakil Bupati Maros, H.A Harmil Mattotorang, dan dijadwalkan sampai 11 Maret 2017 diikuti sekitar 75 pemuda pemudi Maros yang lolos seleksi berkas.

Sekdis Kominfo Maros saat menyampaikan Laporan Panitia Pelatihan dan Sertifikasi SKKNI Bidang TIK (8/3/2017) (dok. marosfm)

Wabup Maros dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini adalah salah satu langkah untuk menyiapkan tenaga kerja yang siap bersaing dengan tenaga kerja lain yang ada diluar sana.

Menurutnya di berbagai negara biasanya membutuhkan sertifikasi untuk menunjang sesuai standar pekerjaan yang dibutuhkan guna mengantisipasi tenaga kerja dari luar di era pasar bebas saat ini. Sehingga hal tersebut menjadi perhatian termasuk Pemkab Maros untuk membenahi SDM pemudanya.

Kepala Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika (BBPPKI) Makassar, Ruslan Harun yang juga hadir dalam kegiatan itu berharap setelah pelaksanaan sertifikasiI ini, peserta dapat bekerja sesuai dengan bidang keahlian, karena SKKNI ini penting untuk meningkatkan kompetensi SDM yang baik. 

Bahkan Ruslan menjelaskan, dirinya sudah menyampaikan kepada Bupati Maros agar kiranya para peserta yang lulus sertifikasi SKKNI bisa bekerja di instansi atau mitra kerja pemerintah, apalagi 2021 kedepan maros sudah harus menggunakan SDM berbasis IT.

Sekdis Kominfo Maros, Sulaeman Samad, mengatakan sebelumnya sertifikasi SKKNI ini dilaksanakan Palembang dan Balikpapan sehingga Kabupaten Maros menjadi yang ke-3 untuk pelaksanaan kegiatan SKKNI ini.

Menurut Sulaeman, kegiatan pelatihan dan sertifikasi ini gratis dan sangat bermanfaat dalam meningkatkan daya saing karena memberikan keterampilan untuk pemuda Maros dan mempermudah pencarian kerja karena mendapat sertifikat standar kompetensi kerja nasional indonesia.

Adapun kompetensi yang akan disertifikasi dalam SKKNI tersebut yakni pada bidang Desain Grafis, Networking, Programming, Technical Support, Operator dan Multimedia. (maros fm news department)
 
Copyright © 2014 107,3 Maros FM, Spirit Butta Salewangang. Designed by Radio Butta Salewangang (BS FM).