NEWS

Tuesday, 7 February 2017

TINGKATKAN SDM DAN KEMANDIRIAN PENYANDANG DISABILITAS, BUPATI MAROS SERAHKAN BANTUAN KAKI PALSU DAN KURSI RODA

Bupati Maros HM Hatta Rahman menyerahkan bantuan alat bantu kepada penyandang disabilitas, berupa kaki palsu dan kursi roda, senin kemarin (6/2/2017) di lapangan Pallantikang Kantor Bupati Maros.

Bupati Maros didampingi Wakil Bupati Maros, HA Harmil Mattotorang dan Sekda Maros H Baharuddin serta Kadis Sosial Maros, M Alwi.

Pemerintah Kabupaten Maros saat penyerahan bantuan untuk penyandang disabilitas di Maros (dok. ist)

Menurut Hatta Rahman, salah satu program yang akan menjadi fokus utama dinas sosial tahun ini yakni program rehabilitasi dan pemberdayaan sosial bagi penyandang disabilitas, sebab penyandang disabilitas di Maros memang memerlukan perhatian pemerintah

Hatta mengaku mengapresiasi kinerja Dinas Sosial yang telah berinisiatif untuk memfasilitasi bantuan alat bantu kepada penyandang disabilitas karena bermanfaat untuk menunjang peningkatan fungsi fisik dan sosial serta mengurangi ketergantungan penyandang disabilitas tersebut kepada orang lain.

Sedangkan Kepala Dinas Sosial Maros Muh Alwi menjelaskan, selain pemberian bantuan alat bantu guna meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) serta membangun kemandirian para penyandang disabilitas, pada tahun ini juga akan diadakan pelatihan atau bimbingan keterampilan khusus dan praktek belajar kerja kepada mereka.

Menurutnya kegiatan semacam ini bukan hanya diperuntukkan bagi penyandang disabilitas, namun juga telah diprogramkan kepada penyandang masalah kesejahteraan sosial lainnya, seperti anak telantar, gelandangan, fakir miskin, pengangguran dan mantan narapidana.

Alwi menjelaskan program rehabilitasi dan pemberdayaan sosial yang dilaksanakan tersebut diharapkan dapat memberikan dampak positif dan kontribusi yang nyata terhadap upaya menurunkan tingkat kemiskinan yang saat ini menjadi prioritas pembangunan sejakan dengan visi 'Maros Lebih Sejahtera 2021'.

Dalam kesempatan itu, Bupati Maros juga menyerahkan secara simbolis Kartu Indonesia Sehat kepada peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBD Maros tahun 2017 dan peserta BPJS mandiri. 

Sebelumnya peserta BPJS mandiri adalah peserta PBI APBD Maros yang telah beralih kepesertaan atas dasar kesadaran pribadi sehingga bisa menjadi contoh bagi warga mampu lainnya agar tidak menggunakan fasilitas kesehatan gratis yang diperuntukkan bagi warga kurang mampu.

Bupati Maros juga menerima piagam penghargaan atas komitmen menjamin masyarakat Kabupaten Maros untuk hidup sehat dan sejahtera melalui integrasi Jamkesda dalam program JKN-KIS dimana Piagam penghargaan tersebut diserahkan langsung Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kota Makassar drg Unting Patri WP. (maros fm news department)
 
Copyright © 2014 107,3 Maros FM, Spirit Butta Salewangang. Designed by Radio Butta Salewangang (BS FM).