NEWS

Saturday, 11 February 2017

KOMITE SEKOLAH SMPN 5 MANDAI SOSIALISASIKAN UNBK KE ORANG TUA SISWA

Berbagai elemen mulai pemerintah hingga pihak sekolah terus berbenah dalam menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2017 bagi siswa SMP dan SMA di Kabupaten Maros.

Selain itu, Pihak Komite Sekolah pun sudah bergerak mengadakan berbagai pertemuan selain bertujuan mempererat silaturrahmi antar orang tua siswa, juga untuk mensosialisasikan sistem ujian tersebut.

Ketua Komite Sekolah, H. AS Chaidir Syam dalam pertemuan Komite Sekolah SMPN 5 Mandai (dok. ist)

Seperti yang terlihat di SMPN 5 Mandai Maros Jumat kemarin, (10/2/2017) pihak Komite sekolah berinisiatif mengadakan pertemuan untuk menyampaikan ke orang tua siswa kelas IX agar mengawasi anak dan memberi perhatian khusus agar mempersiapkan diri dengan baik menghadapi UNBK.

Pertemuan Komite Sekolah, selain dihadiri unsur sekolah, komite dan orang tua siswa, hadir juga Camat Mandai Maros, A. Mappelawa. 

Ketua Komite Sekolah SMPN 5 Mandai, H. AS Chaidir Syam dalam pertemuan itu memotivasi orang tua siswa agar tidak perlu khawatir jika anak mereka ujian dengan sistem komputer karena pada dasarnya sama dengan sistem tulis, bedanya peserta ujian akan mengisi soal dengan menggunakan komputer yang terhubung dengan server lokal, sehingga tidak sulit jika siswa benar-benar belajar dengan baik.

Chaidir yang juga Ketua DPRD Maros ini juga mengungkapkan komite sekolah memang perlu memberi motivasi kepada orang tua siswa agar lebih mengawasi dan mengontrol anak mereka diluar jam pelajaran sekolah agar bisa mempersiapkan diri menghadapi ujian nasional yang sudah semakin dekat.

Kepala Sekolah SMPN 5 Mandai, Nurhawa mengatakan siswa yang akan mengikuti Ujian Nasional akan diberikan  try out atau persiapan buat siswa-siswi dalam menghadapi ujian dengan sistem komputer, agar seluruh peserta ujian di SMPN 5 Mandai bisa lulus 100 persen seperti tahun 2016 lalu. 

Adapun teknis UNBK saat ini dengan menggunakan sistem semi-online yaitu soal dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah), kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal (sekolah) secara offline. Selanjutnya hasil ujian dikirim kembali dari server lokal (sekolah) ke server pusat secara online (upload).

Selain SMPN 5 Mandai, SMPN 2 dan SMPN 1 Maros juga tahun ini sudah siap mengikuti sistem UNBK yang dicetuskan secara nasional tahun 2014 lalu. (maros fm news department)
 
Copyright © 2014 107,3 Maros FM, Spirit Butta Salewangang. Designed by Radio Butta Salewangang (BS FM).