NEWS

Friday, 17 February 2017

KOMISI ANDAL PEMKAB MAROS GELAR RAPAT KAJI RENCANA PEMBANGUNAN PATTENE BUSINESS PARK DI MARUSU

Komisi Andal Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan Dan Pertamanan Kabupaten Maros menggelar rapat komisi pembahasan Dokumen ANDAL Rencana Pengelolaan Lingkungan dan Rencana Pemantauan Lingkungan (RKL-RPL) terkait rencana pembangunan Pattene Business Park (PBP) di Dusun Ujung Bulo Desa Pabbentengang dan Dusun Pattene Desa Temmappaduae Kecamatan Marusu Kabupaten Maros, kamis (16/2/2017) di Baruga A Kantor Bupati Maros.

Rapat tersebut dihadiri Anggota DPRD Maros dari dapil 4, Tim Penilai dari berbagai latar belakang keilmuan, Kepala SKPD, serta beberapa Lembaga pemuda di Maros.

Rapat Komisi Pembahasan Dokumen ANDAL RKL-RPL untuk rencana Pembangunan PATTENE BUSINESS PARK (16/2/2017) (dok. maros fm)

Ketua Komisi Andal, A. David mengatakan pihaknya sudah memetakan berbagai dampak lingkungan dari pembangunan PBP mulai dari dampak banjir, tenaga kerja, Ruang terbuka hijau dan lain lain yang akan dituangkan dalam dokumen.

A. Davied menjelaskan, rekomendasi atau ijin lingkungan tidak langsung dikeluarkan sebelum rampung seluruh data dan prediksi mengenai pembangunan PBP.

Salah seorang tim penilai, Ambeng, mengatakan sebaiknya pengelola lebih memperhatikan kondisi ruang terbuka hijau yang ada karena pembangunan pattene busines park ini nantinya akan merubah struktur ekosistem yang ada seperti sawah dan kebun terganti dengan bangunan gudang, sehingga harusnya bukan sekedar business park tetapi juga business green park.

Sementara Anggota DPRD Maros, Hj. Haeriah Rahman dari Dapil 4 berharap tujuan awal pendirian Pattene Business Park ini sebagai pusat pergudangan tidak berubah seiring waktu dan tetap tidak ada proses industri didalamnya.

Hj Haeriah juga menekankan untuk pengembang agar memperhatikan hal-hal yang mencuat dalam seminar seperti Ruang Terbuka Hijau, drainase, CSR, tenaga kerja lokal dan bukan dibawah umur agar seminar ini bukan hanya seremonial belaka karena hasil seminar akan benar-benar diterapkan sehingga PBP bisa membawa manfaat selain untuk pengembang juga untuk Masyarakat sekitar.

Adapun Pattene Business Park ini merupakan kawasan pergudangan seluas kurang lebih 50 Ha yang berlokasi di dua desa Kecamatan Marusu dan akan dibangun oleh PT Giarto Audry Cemerlang milik Ronald Gozali, salah seorang pengusaha di Maros. (Maros fm news department)
 
Copyright © 2014 107,3 Maros FM, Spirit Butta Salewangang. Designed by Radio Butta Salewangang (BS FM).