NEWS

Wednesday, 22 February 2017

KADES TENRIGANGKAE MANDAI BERSAMA DINSOS MAROS EVAKUASI WARGA MISKIN PENDERITA TUBERKULOSIS

Seorang warga Dusun Tinggito Desa Tenrigangkae Kecamatan Mandai Maros, Mardiani (42) dievakuasi ke RSUD Salewangang Maros oleh pihak Dinas Sosial bersama Kepala Desa Tenrigangkae, selasa (21/2/2017).

Pasalnya Mardiani beberapa hari terakhir hanya bisa terbaring lemas dirumahnya karena menderita penyakit TB (tuberkulosis) sementara ia hanya dirawat oleh anaknya yang baru berusia 8 Tahun.

Kades Tenrigangkae Mandai, Febri bersama Tim Dinsos Maros ssebelum evakuasi Mardiani ke RSUD Salewangang Maros (21/2/2017) (dok. ist)

Kepala Desa Tenrigangkae, Febri mengatakan evakuasi ini dilakukan setelah pihaknya bersama Tim Dinas Sosial Maros memantau kondisi Ibu tersebut berdasarkan laporan masyarakat sejak senin kemarin (20/2/2017), dan setelah pengurusan kartu sehat maka ibu Mardiani pun siap dirawat di rumah sakit.

Sementara Kepala Dinas Sosial Maros, muhammad Alwi menjelaskan kondisi Mardiani sudah sangat lemah dan memprihatinkan namun pihak keluarga dan tetangga hanya memberikan perhatian seadanya karena diketahui penyakit TB ini merupakan salah satu penyakit menular sehingga mereka takut mendekat.

Alwi melanjutkan, beruntung pihak Dinas Sosial dan Kepala Desa cepat mendapat laporan terkait kondisi tersebut sehingga bisa diambil langkah antisipatif untuk segera di berikan perawatan intensif.

Alwi menghimbau, agar warga Maros bisa melaporkan secepatnya kepada Dinas sosial atau Kepala Desa jika menemukan kondisi serupa dimana ada warga miskin yang membutuhkan bantuan dan penanganan intensif namun terkendala kartu KIS sehingga bisa secepatnya ditangani pihak terkait.

Adapun Mardiani ini merupakan seorang janda kurang mampu yang memiliki 2 orang anak berusia 6 dan 8 tahun. Namun karena kondisi ekonomi, anaknya yang usia 6 tahun dititipkannya ke Panti Asuhan, sementara yang usia 8 tahun harus menghentikan pendidikannya dan fokus merawat ibunya. (Maros fm news department)
 
Copyright © 2014 107,3 Maros FM, Spirit Butta Salewangang. Designed by Radio Butta Salewangang (BS FM).