NEWS

Friday, 17 February 2017

BUPATI MAROS SIAPKAN TOMPOBULU SEBAGAI PUSAT HORTIKULTURA DAN DESA WISATA

Kecamatan Tompobulu Kabupaten Maros dikenal sebagai salah satu kecamatan yang memiliki keindahan alam mempesona dan kaya sumber daya alam mulai dari pertanian, perkebunan hingga pariwisata.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Maros akan kembali menjadikan Kecamatan Tompobulu sebagai pusat tanaman hortikultura atau budidaya pertanian modern serta Desa Wisata.

Hal itu disampaikan Bupati Maros, HM Hatta Rahman dalam Musrenbang Tingkat Kecamatan Tompobulu, rabu (15/2/2017).

Bupati Maros saat berpidato di Musrenbang Tingkat Kecamatan Tompobulu Tahun 2017 (15/2/2017) (dok.ist)

Hatta menceritakan dulunya orang-orang diluar Maros mengenal ada yang namanya langsat dan sukun dari Tompobulu, maka ciri khas itu harus dikembalikan sehingga hasil holtikultura Tompobulu lebih spesifik.

Selain itu, Hatta juga menjelaskan beberapa tanaman buah lain seperti rambutan, mangga dan buah-buahan lainnya akan ditanam di Tompobulu, sehingga bisa jadi sentra produk hortikultura dan dibuatkan pasar hortikultura. Menurutnya, jika itu bisa diwujudkan, maka masyarakat Maros utamanya warga Tompobulu akan lebih sejahtera.

Selain itu, akan dibentuk desa wisata melihat beberapa desa di Tompobulu memiliki pesona alam yang cocok sebagai potensi wisata mulai wisata air terjun dan wisata perkebunan.

Selama ini banyak orang berpikir jika Tompobulu itu jauh, letaknya pasti di atas gunung, sebab sesuai namanya "Tompo Bulu" artinya "Di Atas Gunung". Padahal akses jalan di Tompobulu sudah bagus dengan jalanan berbeton sehingga akses masyarakat jadi lebih terbuka dan cepat.

Hatta juga berpesan agar masyarakat diminta membuka diri terhadap hal-hal positif dan sebisa mungkin tidak menjual lahan seluruhnya karena lahan yang kritis akan diubah menjadi lahan produktif apalagi Pemkab Maros sudah menyiapkan sekitar Rp 40 miliar untuk pembangunan infrastruktur di Tompobulu diantaranya untuk jalan beton, pasar, sekolah dan lainnya sambil mendorong pengembangan SDM. (maros fm news department)
 
Copyright © 2014 107,3 Maros FM, Spirit Butta Salewangang. Designed by Radio Butta Salewangang (BS FM).