NEWS

Wednesday, 22 February 2017

13 KELOMPOK TANI DESA BONTO TALLASA SIMBANG MAROS DILATIH BIKIN PUPUK ORGANIK DARI KOTORAN TERNAK

Mahasiswa Kuliah Kerja Lapang Terpadu (KKLT) YAPIM Maros posko Desa Bonto Tallasa Kecamatan Simbang melaksanakan Kegiatan Workshop Pertanian dengan Tema Menjadikan Masyarakat Desa Bonto Tallasa Sebagai Intelektual yang Berwawasan dan Terampil dalam Segi Pertanian di aula kantor desa Bonto Tallasa, Senin kemarin (20/02/2017).

Kegiatan tersebut dihadiri Dosen Pembimbing Lapangan Ince nasrullah, S.Pd, M.Hum, Kepala Desa Bonto Tallasa, Sultan, Si.Kom, Penyuluh Kecamatan Simbang, Husein, S.P, Kepala UPT BPP Kec. Simbang Rukiya S.P, dan Muh. Askin Wahab, S.P selaku Koordinator Penyuluh Dinas Pertanian Dan ketahanan pangan Kab. Maros.

Praktik pembuatan pupuk organik dengan kotoran ternak di desa Bonto Tallasa Simbang (20/2/2017) (dok. ist)

Koordinator Kegiatan, Yahya Muhaimin menjelaskan program kerja ini merupakan solusi yang dihadirkan Mahasiswa KKLT YAPIM yang dihimpun dari aspirasi para petani saat mereka melaksanakan observasi, dimana petani desa Bonto Ballasa ini perlu wawasan tambahan dalam segi pertanian dan salah satunya dengan inovasi pembuatan pupuk organik.

Sementara Koordinator Penyuluh Dinas Pertanian Maros, Muh. Askin Wahab, S.P berharap, melalui workshop ini warga desa bonto tallasa lebih memperhatikan dan memberikan inovasi terbaru terhadap  potensi sumber daya alam yang ada pada desa sehingga produksi sayur dan buah-buahan dapat lebih meningkat.

Dalam workshop tersebut, 13 kelompok tani dari desa Bonto Tallasa juga diajak untuk mengadakan praktik langsung pembuatan Pupuk Organik yang hanya bermodalkan kotoran ternak kering, dedak, sekam, Gula pasir, EM4, yang kemudian diolah menjadi pupuk organik yang sangat bermanfaat.

Sementara itu kepala UPT BPP Kecamata Simbang Ibu Rukiya mengaku kegiatan seperti ini tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat karena bisa meningkatkan wawasan para petani sehingga produksi pertanian di desa Bonto Tallasa bisa semakin meningkat. (maros fm news department)
 
Copyright © 2014 107,3 Maros FM, Spirit Butta Salewangang. Designed by Radio Butta Salewangang (BS FM).