NEWS

Sunday, 8 January 2017

MENTAN RI DIDAMPINGI BUPATI MAROS RESMIKAN BENDUNG TAMPALA DI DESA TOMPOBULU

Menteri Pertanian (Mentan) RI, Andi Amran Sulaiman meresmikan Bendung Tampala Parangloe di Dusun Tombolo, Desa Tompobulu Kecamatan Tompobulu Sabtu (7/1/2017).

Bendung yang dibangun menggunakan APBN sebesar Rp150 juta ini akan mengaliri 75 hektar areal persawahan di Desa Tompobulu. Dengan berfungsinya bendung ini, maka dipastikan panen akan berlangsung sebanyak tiga kali yakni dua kali panen padi dan satu kali palawija.

Menteri Pertanian RI,Amran Sulaiman bersama Bupati Maros, HM Hatta Rahman saat meresmikan Bendung Tampala di Tompobulu Maros. (dok. ist)

Bupati Maros  HM. Hatta Rahman yang mendampingi Mentan dalam peresmian bendung ini mengatakan selama ini masyarakat desa Tompobulu mengandalkan tadah hujan untuk mengaliri areal persawahan mereka. Sehingga dengan bendung ini, masyarakat Tompobulu dapat memanfaatkan bendung ini untuk mengaliri areal persawahan. Apalagi nanti akan ada bantuan pompa air buat cadangan musim kemarau nanti jadi air bendung ini tetap bisa dimanfaatkan meski musim kemarau datang.

Sementara itu, Amran menyarankan kepada masyarakat untuk menggunakan dana desa untuk pembangunan embung disekitar bendung.

Amran juga mengatakan, Aliran air bendung ini mirip sungai Bengawan Solo jadi masyarakat bisa membangun embung disekitar bendung agar saat musim kemarau tetap bisa digunakan

Usai meresmikan bendung Tompobulu, Menteri Pertanian berkunjung ke Balai Penelitian Serealia (Balitjas) Maros untuk menggelar dialog dengan peneliti- peneliti di balai penelitian serealia Kabupaten Maros guna mengetahui apa saja hambatan yang sering menjadi kendala untuk sektor pertanian. (maros fm news department/ISP)
 
Copyright © 2014 107,3 Maros FM, Spirit Butta Salewangang. Designed by Radio Butta Salewangang (BS FM).