NEWS

Thursday, 19 January 2017

KADDO MINYAK, KULINER KHAS DALAM PERAYAAN MAULID INI DIPERLOMBAKAN DI MAROS

Songkolo Kaddo Minyak, merupakan jenis kuliner khas dari ketan yang berminyak dan berwarna kuning, biasa disajikan dalam perayaan tertentu di Sulawesi Selatan seperti selamatan, pernikahan, Maulid dan perayaan religius lainnya.

Dalam melestarikan kuliner tradisional ini, Asosiasi Majelis Taklim Indonesia (AMTI) Kabupaten Maros menggelar lomba rias Kaddo Minyak, rabu (18/1/2017) di Aula Al Markaz Al Islami Maros.

Dalam Lomba rias kuliner itu, berbagai bentuk Kaddo' Minyak yang biasanya hanya disajikan secara sederhana pada wadah piring, kini dirias sedemikian rupa mirip nasi Tumpeng bahkan mirip model kubah masjid dengan berbagai lauk pauk seperti ayam goreng, ikan dan telur di sekelilingnya.

Adapun pemenang Lomba Rias Kaddo Minyak ini dijuarai MT Al Yabis Palu Cipta, juara 2 MT Jami Awalaluddin dan juara 3 diraih MT fatin Musaffar. Sementara Juara Harapan 1 diraih MT Nurul Taqwa Barambang. Disusul juara harapan 2 MT Al Ihsan Rajana dan juara 3 diraih MT Al Muhajirin Sentosa.

Salah satu bentuk riasan Kaddo Minyak dalam rangkaian Lomba Seni Islam di Kabupaten Maros (18/1/2017) (dok. ist)

Ketua AMTI Maros, Siti Maryam Haba mengatakan kegiatan lomba rias kuliner Kaddo Minyak ini masuk dalam rangkaian Lomba Seni Islam yang dibuka Bupati Maros sejak senin lalu (16/1/2017).

Siti Maryam menjelaskan lomba rias ini baru pertama kali diadakan di Maros sekaligus menyemarakkan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW karena jenis makanan songkolo Kaddo Minyak ini juga menjadi ciri khas warga Maros saat perayaan Maulid serta sebagai bentuk kecintaan dalam melestarikan kuliner khas lokal bugis makassar.

Sementara Ketua Panitia  Hj. Nuraini Yusri Razyid mengatakan lomba ini diikuti sekitar 40 majelis Taklim dan bertujuan selain menguji keterampilan memasak dan merias makanan bagi ibu-ibu, juga sekaligus untuk menjalin silaturahmi antara seluruh anggota Majelis Taklim di Maros.

Selain Lomba Rias Kaddo Minyak, beberapa lomba dalam ajang ini antara lain Lomba Ta'jizul mayyit (merawat jenazah), Kasidah/Marawis, Lomba Asmaul Husna dan Lomba Hapalan Surah Pendek. (Maros fm news department)
 
Copyright © 2014 107,3 Maros FM, Spirit Butta Salewangang. Designed by Radio Butta Salewangang (BS FM).