NEWS

Thursday, 12 January 2017

BUPATI JADIKAN SMPN 2 MAROS PERCONTOHAN SEKOLAH RAMAH ANAK DAN SEKOLAH LITERASI

Bupati Maros, HM Hatta Rahman melakukan penyerahan piagam penghargaan inisiator sekolah ramah anak dan pencanangan sekolah literasi di aula SMPN 2 Maros, Selasa (10/1/2017).

Selanjutnya untuk mendukung SMPN 2 Maros sebagai sekolah ramah anak, Hatta Rahman pun menjadikan SMPN 2 Maros sebagai percontohan. Sehingga Maros akan menuju kabupaten ramah anak. Termasuk percontohan penggunaan teknologi elektronik.

Bupati Maros HM Hatta Rahman saat meninjau taman baca di SMPN 2 Maros, Selasa (10/1/2017) (dok. humas pemkab maros)

Karena itu, pemerintah akan menyumbangkan 50 unit gadged tab agar siswa bisa langsung belajar dari tab. Semisal mencari referensi belajar, membuka email, mengakses internet secara baik.

Menurutnya, pihak sekolah tidak boleh mengurung ide kreatif anak untuk tidak membawa gadget, tapi membantu siswa untuk menambah wawasan melalui penguasaan tekhnologi itu penting, yang dilarang adalah siswa bermain game lewat gadget.

Selanjutnya untuk pengembangan sekolah ramah anak, para guru diminta untuk meninggalkan cara lama dalam mendidik. Misalnya saat melakukan pemeriksaan rambut siswa, jangan lagi melakukan cukur langsung. Kalau bisa sekolah datangkan tukang cukur, sehingga rambut siswa jadi rapi.

Kemudian sekolah pun diminta menyiapkan tempat penitipan anak, untuk guru-guru atau pegawai yang punya anak dan harus membawa anaknya ke sekolah bisa dititip di tempat penitipan anak ini.

Hatta juga menjelaskan, sebagaimana diketahui dari media, Indonesia saat ini menjadi serbuan tenaga kerja asing, salah satu alasannya karena SDM dianggap lemah. Dengan pembangunan SDM, maka Maros akan berkembang sebagai daerah unggulan di Sulsel bahkan secara nasional.

Dihadapan para kepala sekolah yang hadir, Hatta menyampaikan dalam beberapa tahun ini pihaknya terus berupaya untuk menjadi lebih baik. Pada saat penyusunan struktur kelembangaan Dinas Pendidikan, salah satu yang menjadi penekanan adalah adanya Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). Karena jika pemerintah tidak berupaya meningkatkan SDM sejak sekarang, maka tak ada yang bisa dikembangkan di masa mendatang. (maros fm news department)
 
Copyright © 2014 107,3 Maros FM, Spirit Butta Salewangang. Designed by Radio Butta Salewangang (BS FM).