NEWS

Tuesday, 6 December 2016

MAU PUNGLI DI MAROS? HATI-HATI SEKARANG SUDAH ADA SATGAS SABER PUNGLI

Satuan Tugas (Satgas) Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kabupaten Maros resmi terbentuk dan pengurusnya dikukuhkan Bupati Maros, HM Hatta Rahman, senin kemarin (5/12/2016) di ruang pola Kantor Bupati Maros.

Satgas Saber Pungli Maros ini terdiri dari 50 orang anggota yang terbagi dalam empat kelompok kerja antara lain Unit Intelejen, Unit Pencegahan, Unit Penindakan dan Unit Yustisi. Adapun keanggotaannya berasal dari unsur Pemerintah Kabupaten Maros, Polres Maros, Kodim 1422 Maros dan Kejari Maros.

Bupati Maros kukuhkan Satgas Saber Pungli di Kabupaten Maros (5/12/2016) (dok. ist)

Bupati Maros, Hatta Rahman optimis, unit Saber Pungli akan efektif meminimalisir dan memberantas Praktek Pungli yang ada di setiap lembaga Pemerintahan, mulai dari struktur pemerintahan Kabupaten Maros, Kepolisian, Kejaksaan hingga unsur lainnya.

Menurut Hatta semua lembaga yang bersifat pelayanan kepada masyarakat sangat rawan dengan praktek Pungli mulai dari istilah uang pelicin, sogok ataupun pemerasan yang dilakukan oknum aparat atau pegawai. Sehingga dengan adanya tim gabungan ini maka semua lembaga yang ada bisa saling memantau dan tidak ada tebang pilih. Jika ada sebuah lembaga yang terbukti, masing-masing harus legowo dan memproses aparatnya sesuai aturan.

Hatta menjelaskan, Satgas ini tugasnya sangat spesifik. Mereka akan melakukan pemantauan dan investigasi adanya dugaan Pungli disebuah lembaga. Jika sudah terbukti, maka tim ini bisa melakukan penindakan melalui Operasi Tangkap Tangan (OTT) ataupun pola penanganan dan penindakan lainnya.

Sementara itu, Wakapolres Maros selaku ketua pelaksana Satgas Saber Pungli, Kompol Emil R Hartanto menghimbau seluruh anggota yang tergabung dalam empat Kelompok Kerja (Pokja) untuk melakukan tugasnya dengan baik karena jika ada yang terbukti maka pihaknya tidak segan-segan akan memprosesnya sesuai aturan yang berlaku.

Pembentukan Satgas Saber Pungli ini merupakan Instruksi Presiden Republik Indonesia untuk memberantas prkatek Pungli yang dinilai telah merusak sendi-sendi perekonomian bangsa, sehingga semua tekhnis pelaksanaannya sudah ada dari Pemerintah Pusat. (maros fm news department)
 
Copyright © 2014 107,3 Maros FM, Spirit Butta Salewangang. Designed by Radio Butta Salewangang (BS FM).