NEWS

Tuesday, 20 December 2016

MAROS TARGET BEDAH 1500 RUMAH DI TURIKALE, BORIBELLAYYA DAN ALATENGAE

Pemerintah Kabupaten Maros mendapatkan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dengan anggaran sebesar Rp. 6,9 Miliar. Program ini akan dilaksanakan di tiga kelurahan dan desa, yakni Kelurahan Kelurahan Turikale, Kelurahan  Boribellayya, dan Desa Alatengae.

Kepala Dinas Tata Ruang dan Perumahan Kabupaten Maros Abdul Salam, selasa (20/12/2016) mengatakan, program bedah rumah ini anggarannya berasal dari dana DAK dan ditujukan untuk meningkatkan kualitas rumah layak huni bagi masyarakat. Adapun untuk bangun rumah yang baru dianggarkan sebesar Rp 30 juta per rumah. Sementara untuk renovasi rumah dianggarkan Rp 15 juta. 

ilustrasi

Menurut Salam, penentuan lokasi bedah rumah ini tergantung pada permintaan masyarakat yang diajukan ke Kepala Desa dan kepala Kelurahan sehingga pada tahun 2017 mendatang, sedikitnya 1500 unit rumah akan masuk dalam target renovasi dan bangun baru.

Salam menjelaskan, untuk mendapatkan bantuan rehab rumah tidak layak huni, ada beberapa kriteria rumah yang bisa dilihat dan melalui proses survey apakah layak untuk mendapatkan bantuan bedah rumah atau tidak didasarkan atas kriteria bangunan rumah tersebut. 

Beberapa kriteria rumah yang berhak mendapatkan bantuan bedah rumah adalah, struktur atap membahayakan penghuni, rumah tidak memenuhi aspek rumah sehat, seperti pencahayaan dan sirkulasi udara yang buruk. Tidak memiliki WC dan tempat pembuangan sampah tidak memadai
Tanah yang ditempati tidak dalam masalah sengketa dan tidak berada di lokasi rawan bencana. (maros fm news department)
 
Copyright © 2014 107,3 Maros FM, Spirit Butta Salewangang. Designed by Radio Butta Salewangang (BS FM).