NEWS

Wednesday, 14 December 2016

CUACA EKSTRIM HINGGA 3 BULAN KEDEPAN, BPBD MAROS SIAGA ANTISIPASI BENCANA

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Maros terus memonitor setiap bencana yang terjadi di setiap wilayah Maros sekecil apapun bencana tersebut.

Hal itu dilakukan mengingat data BMKG saat ini menunjukkan tingginya frekwensi curah hujan hingga 3 bulan kedepan.

Plt Kepala BPBD Kabupaten Maros, Husair Tompo

Plt. Kepala BPBD Kabupaten Maros, Husair Tompo saat ditemui Maros FM, selasa kemarin (14/12/2016) mengatakan setiap bencana sekecil apapun harus diantisipasi karena jangan sampai bencana kecil tersebut meluas sehingga semakin banyak merugikan warga.

Untuk saat ini, menurut Husair, meskipun baru 2 desa yang tersentuh program Desa Tanggap Bencana (Destana) yakni Desa Mattirodeceng dan Desa Bontotallasa tetapi diupayakan program ini akan merata di semua desa.

Husair mengatakan pihaknya saat ini mempersiapkan geladi posko hingga ke tingkat kecamatan dan desa agar bisa bertindak cepat jika terjadi bencana seperti banjir, angin puting beliung dan longsor.

Husair berharap, kondisi iklim saat ini tidak terlalu ekstrim sehingga tidak menyebabkan bencana yang parah. Ia juga mengimbau agar masyarakat bisa berperan aktif dalam mengantisipasi bencana dengan senantiasa menjaga kebersihan lingkungan seperti tidak membuang sampah di sungai atau saluran air agar bisa meminimalisir dampak bencana.

BPBD Kabupaten Maros dengan posko induk di Jalan Asoka, samping Kantor Bupati Maros  ini memiliki 35 tenaga relawan dan dibagi 3 bagian piket. Sementara alat pendukung meskipun masih terbatas namun saat ini sudah tersedia 4 perahu karet, chainsaw, dan mobil serta motor dinas yang siap meluncur jika terjadi bencana di sekitar Maros. (maros fm news department)
 
Copyright © 2014 107,3 Maros FM, Spirit Butta Salewangang. Designed by Radio Butta Salewangang (BS FM).