NEWS

Tuesday, 2 February 2016

KETUA KOMISI III DPRD MAROS KAGET DENGAR PENYEBAB SAKITNYA IKSAN

Ketua Komisi III DPRD Maros, Hj. Haeriah Rahman kaget saat mendengar penyebab sakitnya Iksan, bocah 5 tahun asal Maros yang menderita penyakit langka yang disebut Atresiaani Fistel Rectoperineal dan Illeus Obstruktif.

Ketua Komisi III DPRD Maros, Hj Haeriah Rahman saat berbincang-bincang dengan orang tua Iksan, Syamsiah (2/2/2016) (dok. bsfm/ady)

Iksan bersama Ibunya saat berusia 2 tahun saat dikunjungi Bupati Maros Hatta Rahman tahun 2012 (dok. Sindonews/Najmi Limonu)

Iksan diusianya yang ke-5 tahun sebelum operasi (gambar tahun 2015) (dok. ist)

Saat dikunjungi Haeriah di ruang perawatan Lontara III RS Wahidin Sudirohusodo Makassar, Ibu Iksan, Syamsiah menceritakan bagaimana awalnya Iksan mengalami gangguan pencernaan hingga mengakibatkan perutnya kembung dan anusnya mengecil.

Menurut Syamsiah, Iksan lahir dalam kondisi normal, sehat dan tidak terlihat keanehan dan kelainan dalam perkembangannya hingga mencapai usia 1 tahun lebih.

Karena ketidak tahuan orang tua Iksan dalam memberi jajanan sehat, Iksan pun dimanjakan dengan jenis minuman serbuk instan berkarbonasi. Beberapa lama rutin mengonsumsi minuman instan itu, Iksan pun mulai mengalami gangguan kesehatan sejak menginjak usia 1,5 tahun hingga saat ini.

Haeriah mengatakan, tidak ada yang perlu disalahkan akibat sakitnya Iksan, tetapi hal ini membuktikan bagaimana minimnya pengetahuan orang tua di desa-desa termasuk anak-anak sekolah atas bahaya mengonsumsi minuman instan serbuk berkarbonasi yang harganya relatif murah.

Dirinya berjanji Komisi III yang membidangi Pendidikan dan Kesehatan akan membahas aturan jajanan sehat terutama minuman instan yang saat ini banyak dijual di sekolah-sekolah. Selain itu, sosialisasi terkait jajanan dan minuman instan ini juga perlu untuk orang tua dirumah agar tidak sembarangan memberi anak-anaknya minuman instan yang selalu tersedia di warung kecil sekalipun. (bsfm news department)

Berita Terkait :

PMI MAROS SALURKAN BANTUAN REKENING PEDULI UNTUK IKSAN
 
Copyright © 2014 107,3 Maros FM, Spirit Butta Salewangang. Designed by Radio Butta Salewangang (BS FM).