NEWS

Wednesday, 10 February 2016

KEINDAHAN AIR TERJUN TOMPOBULU MAROS, POTENSI WISATA ADVENTURE YANG MASIH TERSEMBUNYI

Kabupaten Maros memiliki daerah pegunungan yang ternyata kaya dengan potensi wisata Air terjun. Selain Air Terjun Bantimurung dan Air Terjun Lacolla, di sebelah Timur kabupaten maros tepatnya di Dusun Bontomanurung Desa Masale Kecamatan Tompobulu Kabupaten Maros juga terdapat beberapa buah Air Terjun yang indah dan potensial dijadikan tempat berwisata.

Air Terjun di Kecamatan Tompobulu Maros, Potensi keindahan alam Maros yang masih tersembunyi. (dok. bsfm/AhmadTakbirAbadi)

Pemandangan yang disajikan dilokasi itu sangat indah tetapi untuk mencapainya harus melalui track yang lumayan berat dan menantang. Mereka harus naik turun bukit dengan keunikan jalur yang di penuhi bebatuan dan tanah yang licin dan berlumpur saat hujan.

Ada 4 buah lokasi air terjun yang  ada di desa itu, tetapi yang paling di gemari dan banyak dikunjungi wisatawan yakni Air Terjun Jami. Meskipun ramai, tetapi wisatawan yang berkunjung masih dari kalangan tertentu penggiat alam bebas seperti mahasiswa dan pelajar serta kelompok pencinta alam.

Area pegunungan dan hutan yang dilalui berbatasan langsung dengan daerah Malino, Kabupaten Gowa. Jika berangkat di pagi hari, maka akan ditemui kabut yang menambah eksotiknya nuansa alam yang tersaji.

Untuk mencapai tempat itu, anda harus memarkir kendaraan roda dua di jalur poros kemudian berjalan kaki untuk menelusuri air terjun itu dengan menempuh jarak sekitar kurang lebih 2 kilo meter.

Selain air terjun Jami, tidak jauh dari Air terjun Jami, terdapat air terjun yang juga sudah mulai populer di kenal dengan nama air terjun Pung Bunga. Air terjun ini terletak di Dusun Bonto Parang, Desa Masale Kec.Tompobulo Kabupaten Maros.

2 air terjun lainnya meski belum terlalu populer tetapi bisa dijangkau dengan mudah dengan bantuan masyarakat sekitar desa yang selalu siap memberikan jasa pengantaran ke lokasi.

Herman, salah seorang warga sekitar berharap, pemerintah bisa melirik air terjun didesanya itu agar dikelola menjadi tempat wisata yang membuka peluang usaha bagi masyarakat setempat.

laporan : Ahmad Takbir Abadi
Editor : Ady/bsfm news department
 
Copyright © 2014 107,3 Maros FM, Spirit Butta Salewangang. Designed by Radio Butta Salewangang (BS FM).