NEWS

Thursday, 4 February 2016

HATTA RAHMAN BEBERKAN RAHASIA KEBERHASILANNYA PIMPIN MAROS DALAM SEMINAR DI UNHAS

Bupati Maros terpilih HM Hatta Rahman menjadi pembicara dalam seminar Ilmu Pemerintahan 'Inspiring Leadership Program' yang digelar di Aula Prof. Syukur Abdullah Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar.

Seminar sebagai forum yang mengekspos berbagai kebiasaan praktek, keterampilan dan pola pikir dari beberapa pemimpin yang menginspirasi ini digelar Senin, 1 Februari lalu.

Seminar yang mengangkat tema; kepemimpinan dalam penguatan tata kelola pemerintahan (governance), inovasi kebijakan, pengembangan ekonomi kerakyatan, dan pembangunan masyarakat yang berkelanjutan ini diharapkan dapat dianalisis oleh mahasiswa tentang bagaimana para pemimpin mencapai hal-hal besar melalui orang lain dan bagaimana mereka bisa menjadi pemimpin yang lebih kuat di organisasi pemerintah dan masyarakat.

Hatta Rahman bersama Pemateri lainnya dalam Seminar Ilmu Pemerintahan 'Inspiring Leadership Program' (1/2/2016) (dok. bsfm/Reza Putra)

Hatta Rahman menceritakan pengalamannya dalam memimpin maros tahun 2010 hingga 2015, di awal kepemimpinannya banyak hal yang mesti diselesaikan. Mulai membayar utang Pemkab Maros dengan cara mengangsur, memperbaiki jalan rusak yang jumlahnya 800 km, mengatasi kegelapan dengan memasang lampu penerangan.

Kemudian mengatasi kesan Maros yang kotor dengan membudayakan hidup bersih. Pihaknya mengumpulkan pejabat, pihak swasta, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda untuk memulai gerakan Maros bersih yang akhirnya membuat Maros meraih tiga Piala Adipura.

Dalam bidang keuangan Maros dapat keluar opini Disclaimer, lalu meraih opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) dan akhirnya Wajar Tanpa Pengecualian (WDP) Clear and Clean.

Hatta juga menjelaskan bagaimana menjadikan area kolam yang ada ditengah kota menjadi pusat kuliner PTB (Pantai Tak Berombak) yang saat ini ramai dikunjungi Masyarakat dan membuka lapangan kerja baru dan  menggairahkan perekonomian warga Maros. Bahkan PTB meraih penghargaan nasional sebagai penataan pedagang kaki lima terbaik

Keberhasilan-keberhasilan itu dipaparkan Hatta Rahman dalam makalah berjudul, Memimpin Maros Melalui Manajemen Senyum.

Selain Hatta Rahman, hadir pula Bupati Wajo A Burhanuddin Unru, Wakil Walikota Makassar Syamsu Rizal dan Sekda Kota Bau Bau Muh Djudul. Mereka dipilih sebagai pemateri seminar oleh kalangan akademisi karena pertimbangan yang ketat terkait keberhasilan mereka masing-masing dalam memajukan daerahnya. (bsfm news department)
 
Copyright © 2014 107,3 Maros FM, Spirit Butta Salewangang. Designed by Radio Butta Salewangang (BS FM).