NEWS

Friday, 12 February 2016

AIR BAH DI HULU SUNGAI ROBOHKAN JEMBATAN DI KECAMATAN CENRANA MAROS

Akibat hujan deras yang mengakibatkan luapan air bah di sungai Cenrana, Satu (1) jembatan hanyut di Dusun Pattiro, Desa Rompegading, Kecamatan Cenrana, Kabupaten Maros, kamis kemarin (11/2/2016) diperkirakan sekitar pukul 20.00 hingga pukul 21.00 wita.

Tidak ada korban jiwa namun sebagian badan jembatan yang dibangun Badan Penanggulangan Bencana Maros, 3 tahun lalu itu pun terbawa arus.

Jembatan di Dusun Pattiro yang terputus akibat penyanggah tiang tengah roboh terhantam air bah (12/2/2016) (dok. bsfm/kasim rika)

Ketua DPK KNPI Kecamatan Cenrana, Kasim Rika mengatakan Jembatan itu menghubungkan Dusun Pattiro Desa Rompegading dan Dusun Lanniti Desa Baji Pa'mai Kecamatan Cenrana Kabupaten Maros.

Menurutnya, terputusnya jembatan ini menyebabkan warga dusun Lanniti terisolasi sehingga secepatnya harus diatasi karena tidak ada sama sekali jalur alternatif untuk roda dua ke Dusun Lanniti ini. Meskipun harus berjalan kaki, maka harus melewati Dusun Parrang melewati areal persawahan dengan jarak yang tentu saja lebih jauh.

Kasim Rika juga meminta agar pengunjung Air Terjun Lcolla ataupun air terjun lainnya di sekitar Cenrana dan Camba agar berhati-hati karena sewaktu-waktu air bah bisa datang dalam kondisi hujan seperti sekarang ini.

Pihak BPBD Maros yang kami konfirmasi terkait putusnya jembatan ini menjelaskan pihaknya baru meninggalkan areal jembatan sekitar pukul 03.00 Wita (12/2/2016) dan akan kembali meninjau lapangan jumat siang ini.

Hal itu senada dengan Dandim 1422 Maros, Letkol Inf Sunarto yang segera meminta anggotanya untuk mengecek kerusakan sebelum dilakukan langkah antisipatif dan perbaikan.

Kades Labuaja Kecamatan Cenrana Maros, Nurbaeti Lanti menjelaskan hujan kamis kemarin (11/2/2016) memang cukup deras sehingga menyebabkan longsor dan naiknya air bah di hulu sungai.

Kondisi Jembatan di Dusun Kappang (12/2/2016) (dok. Fb Tabloid Target)

Selain Jembatan yang terputus akibat pondasi tengahnya terkena hantaman air bah itu,  sebuah jembatan di Dusun Kappang juga hampir terputus dengan kondisi badan jalan diujung jembatan terkikis longsor hingga hampir membelah jalan.

Menurut warga sekitar, air bah juga sempat menyapu kandang sapi dan kebun warga di dusun Kappang, Desa Labuaja Kecamatan Cenrana Maros. (bsfm news department)
 
Copyright © 2014 107,3 Maros FM, Spirit Butta Salewangang. Designed by Radio Butta Salewangang (BS FM).