NEWS

Saturday, 9 January 2016

PEMKAB MAROS TERBAIK DI SULSEL DALAM MENDUKUNG PROGRAM PENDIDIKAN USAID PRIORITAS

USAID PRIORITAS (Prioritizing Reform Innovation and Opportunities for Reaching Indonesia’s Teachers, Administrators and Students) merupakan sebuah program Internasional dalam mendukung dan meningkatkan kualitas dan akses pendidikan dasar di sejumlah kabupaten/kota di Sulsel termasuk Kabupaten Maros.

Dibandingkan kabupaten lain, Tim dari Usaid Prioritas menilai Maros sebagai Kabupaten yang sangat mendukung program ini berdasarkan perhatian daerah terhadap pendidikan dan komitmen penganggaran bidang pendidikan.

Provincial Communication Specialist USAID PRIORITAS Sulsel, Mustajib (kiri) bersama Distric Coordinator USAID PRIORITAS Maros, Muhammad Azmi (kanan) (dok. bsfm/ady)

Hal itu disampaikan Provincial Communication Specialist USAID PRIORITAS Sulsel, Mustajib kepada bsfm sabtu (09/1/2016).

Mustajib menjelaskan, Salah satu daerah Mitra USAID PRIORITAS yaitu Maros, memiliki perkembangan yang sangat signifikan, terbukti beberapa sekolah telah secara konsisten menggunakan metode pembelajaran yang kami kenalkan, juga dukungan dari pihak pemerintah sangat kuat.

Penilaian tersebut tentu saja bukan tanpa alasan dan melalui pertimbangan yang sangat ketat dimana USAID PRIORITAS Sulawesi Selatan meminta pertimbangan-pertimbangan dari pemangku kebijakan provinsi yang meliputi Dinas Pendidikan, Kantor Wilayah Kementerian Agama, Bappeda, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP), Universitas Negeri Makassar (UNM) dan Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar selaku LPTK mitra.

Menurutnya, Di Maros sejak mengawali kerjasama pada 28 Oktober 2012 lalu kemitraan telah dilaksanakan di Kecamatan Turikale dan Bantimurung. Di dua kecamatan tersebut USAID PRIORITAS telah bekerja sama dengan 24 sekolah mitra, yang terdiri dari 12 sekolah dasar (SD), 4 Madrasah Ibtidaiyah (MI), 5 sekolah menengah pertama (SMP) dan 3 Madrasah Tsanawiyah (MTs).

Proyek ini telah melaksanakan serangkaian pelatihan, pendampingan dan kegiatan peningkatan kapasitas  untuk meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan dasar. Untuk mendukung peningkatan kualitas pembelajaran, USAID PRIORITAS membantu guru  menerapkan Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) dan Contextual Teaching and Learning (CTL).

Karena hasil positif yang ditunjukkan sekolah mitra USAID PRIORITAS tersebut, Pemerintah Kabupaten Maros telah melakukan program untuk menyebarkan praktek-praktek yang baik proyek (terutama dalam bentuk pelatihan) ke sekolah-sekolah non-mitra yang didanai anggaran kabupaten dengan jumlah Rp. 1.094.000.000 melalui APBD tahun 2013/2014 (Program Pendidikan Gratis).

Hal tersebut bertujuan untuk memperluas cakupan pelayanan pendidikan dasar yang berkualitas dengan menjangkau lebih banyak sekolah, guru dan siswa.

Mustajib juga memuji kekompakan dari forum yang dibentuk di Maros dimana hal tersebut ia tidak temui di Kabupaten lain, sehingga ia berharap, meskipun program Usaid Prioritas berakhir, para pendidik di Maros bisa terus menyebarkan Praktik baik untuk pendidikan bagi sekolah yang belum bermitra dengan program ini. (bsfm news department)
 
Copyright © 2014 107,3 Maros FM, Spirit Butta Salewangang. Designed by Radio Butta Salewangang (BS FM).