NEWS

Monday, 25 January 2016

PEMKAB MAROS ANTISIPASI PEMEKARAN DAN TERBENTUKNYA DESA BARU

Pemerintah Kabupaten Maros mengantisipasi pemekaran dan pembentukan desa baru dengan membuat 3 poin rancangan peraturan daerah (Ranperda) tentang desa.

Ranperda itu berisi tentang penataan desa, penyelenggaraan pemerintahan desa dan pencabutan perda nomor 1 tahun 2006 tentang ADD.

Antisipasi ini dilakukan akibat adanya Dana Desa yang berjumlah miliaran dan sebentar lagi akan dikucurkan pemerintah.

Sekda Maros, Ir Baharuddin MM (dok. bsfm/ibhet)

Sekda Maros, Ir Baharuddin MM sebagaimana kami kutip dari fajar online mengatakan, Ranperda itu terkait pembentukan, penghapusan, penggabungan, perubahan status dan penetapan desa yang saat ini telah diserahkan ke DPRD Maros untuk dibahas.

Menurut Baharuddin, salah satu yang substansial dalam ranperda itu adalah tentang pembentukan desa. sehingga jika memang dinilai harus terjadi pemekaran, maka pemekaran itu bukan karena banyaknya dana desa, tetapi memang faktor kebutuhan masyarakat dan demi efektifnya tata kelola pemerintahan.

Baharuddin menjelaskan, pembentukan desa yang masuk kategori berdasar kebutuhan warga, harus melalui sejumlah syarat diantarany batas usia desa induk paling sedikit lima tahun terhitung sejak pembentukan, jumlah penduduk paling sedikit 3 ribu jiwa atau 600 kepala keluarga (KK). (bsfm news department)
 
Copyright © 2014 107,3 Maros FM, Spirit Butta Salewangang. Designed by Radio Butta Salewangang (BS FM).