NEWS

Sunday, 31 January 2016

MUSISI DAN PEMERAN UTAMA FILM ALIGUKA MENINGGAL DUNIA

"Sejak mula hadir di dunia
lalu mampir dari bibir ke bibir
tawa tak pernah bertambah
besar, tak pernah bertumbuh
subur, tak pernah berkurang
dan tak pernah berkembang.

Jika di sepasang bibir ada
tawa yang sedang pecah
di sepasang bibir lain tiada
tawa yang merekah.

Begitulah tawa lahir
dan hidup menyandang takdir.

Seperti kini, di kejauhan sana
saat kau tertawa bahagia
bibirku yang tawar tanpa tawa
menjadi asin oleh airmata"

Lirik lagu Hukum Kekekalan Tawa yang menjadi soundtrack film "Aliguka" masih begitu akrab ditelinga penulis. Lirik yang ditulis M. Aan Mansyur dan diaransemen Fattah Tuturilino sangat cocok dengan vokal Andi Iip Pannyiwi yang menambah karakter lagu itu menjadi lebih kuat.

A. Iip Pannywi (dok. ist)



Informasi yang kami terima, Sabtu Malam, kurang lebih sekitar pukul 20.15 wita,  musisi makassar yang juga menjadi pemeran utama dalam film itu. sudah berpulang ke rahmatullah setelah berjuang melawan penyakit yang dideritanya beberapa tahun terakhir.

Sutradara Film Aliguka, Arman Dewarti menceritakan kepada reporter bsfm dirinya baru mendapat kabar sekitar pukul 22.00 Wita (30/1/2016) dan tadi pagi (minggu, 31/1/2016) saat akan melayat di rumahnya di Bumi Permata Sudiang (BPS) Makassar, jenazah iip sudah diberangkatkan menuju kampung halamannya di Kabupaten Sidrap.

Kecintaannya terhadap seni musik tidak diragukan lagi, bahkan dalam kondisinya yang lemah, dirinya mengisi waktu dengan menulis lagu bahkan membeli alat musik.

Iip dalam karir bermusiknya sempat bergabungdengan Level band, ALENA  dan mengawali kiprahnya sebagai vokalis dalam band Fase, salah satu band indie Makassar yang lagunya "Because i Need you" populer setelah menjadi soundtrack film indie karya Rusmin Nuryadin Produksi Rumah Media "Cinta = Cindolo Na TaPe"



Dirinya juga di tahun 2011 sempat membuat lagu daerah berjudul Nene' Mallomo yang memperlihatkan kecintaannya terhadap daerah asalnya dimana lagu ini bercerita tentang tokoh cendekiawan dari Sidenreng Rappang.



Ucapan Duka cita mengalir deras mengiringi kepergiannya, terlihat di wall facebooknya dan medsos lainnya.

Mantan Anggota DPR RI dan Tokoh Seniman Sulsel, Asmin Amin saat wawancara bersama reporter Bsfm ikut menyampaikan ucapan belasungkawanya.

Asmin Amin yang mengaku kenal baik dengan Iip, melihat sosok iip dalam hal skill sudah tidak diragukan lagi, Di kalangan Musisi Makassar, popularitasnya lumayan bagus, mungkin bisa dihitung jari yang tidak mengenalnya. (bsfm news department)
 
Copyright © 2014 107,3 Maros FM, Spirit Butta Salewangang. Designed by Radio Butta Salewangang (BS FM).