NEWS

Monday, 4 January 2016

"MAUDU LOMPOA" HADIRKAN TRADISI PERAHU HIAS DI TANRALILI MAROS

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di kecamatan Tanralili Maros yang dikenal dengan istilah Tradisi "Maudu Lompoa" digelar minggu kemarin (3/1/2016) sekitar pukul 09.00 hingga pukul 12.00 wita.

Tradisi yang digelar di Dusun Batu-batu Desa Damai ini termasuk yang banyak dinantikan masyarakat Maros bahkan dari luar daerah karena menghadirkan keunikan tersendiri yang sudah dilakukan turun temurun.

Keunikan tersebut terlihat dari ratusan miniatur perahu yang ramai dengan berbagai hiasan yang berisikan berbagai macam makanan seperti telur yang berwarna warni, lauk pauk khas bugis makassar, bahkan kebutuhan sehari-hari seperti sembako, baju, celana, handuk, tas bahkan sepatu pun ada dalam perahu yang dihias dengan kain sarung berbagai corak dan warna yang mencolok.

Suasana Maudu Lompoa di Tanralili Maros (3/1/2016) (dok. bsfm/ramadhan)

Salah seorang pengunjung, Ramadhan Muhtar menuturkan acara tersebut sangat ramai bahkan ada yang dari Bone hingga Kendari dan semuanya dengan semangat ingin menyaksikan keunikan dan ciri khas Maudu Lompoa ini.

Bahkan, sebelum acara resmi selesai, masyarakat sudah berhamburan menerobos pagar dan merampas barang-barang yang ada di atas perahu.

Informasi yang dihimpun Bsfm, tradisi Maudu Lompoa ini merupakan turunan dari Tradisi Maudu Lompoa di daerah Cikoang Kabupaten Takalar. Sementara perahu yang dihadirkan tidak lain untuk meramaikan acara dan menampilkan ciri khas masyarakat bugis makassar yang dikenal sebagai pelaut ulung. (bsfm news department)
 
Copyright © 2014 107,3 Maros FM, Spirit Butta Salewangang. Designed by Radio Butta Salewangang (BS FM).