NEWS

Thursday, 14 January 2016

GURU DI CAMBA MAROS IKUTI PELATIHAN PEMBELAJARAN TINGKAT SD/MI

UPTD Pendidikan Kecamatan Camba bekerjsama dengan USAID PRIORITAS menggelar pelatihan praktik yang baik dalam pembelajaran tingkat SD di kecamatan Camba, 12 s/d 14 Januari 2016.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada peserta tentang Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan atau disingkat dengan PAKEM. Disebut demikian karena pembelajaran ini dirancang agar mengaktifkan anak, mengembangkan kreativitas sehingga efektif namun tetap menyenangkan.

District Coordinator USAID PRIOROTAS, Muhammad Azmi sedang memberikan penjelasan tentang Program Pakem di SDN 102 Cempaniga, Camba (12/1/2016) (dok. bsfm/ist)

Kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Maros, Andi Ashar Paduppa, S.Sos yang membuka kegiatan ini mengatakan, dampak pelatihan praktik yang baik dalam pembelajaran modul 1 dapat dilihat pada peningkatan kualitas pembelajaran disekolah yang lebih interaktif dan variatif. Selain itu, mayoritas siswa sudah bisa mengungkapkan pemikirannya secara lisan dan tulisan.

Kepala UPTD Pendidikan Camba menjelaskan peserta pelatihan ini terdiri dari 50 orang, namun total dengan tahun sebelumnya, keseluruhan guru yang sudah mengikuti pelatihan  PAKEM dari kecamatan Camba sudah sekitar 110 guru.

Dalam rilisnya ke bsfm, District Coordinator USAID PRIOROTAS, Muhammad Azmi mengatakan ada 7 kegiatan pengembangan kapasitas pendidikan yang dikembangkan USAID PRIORTAS di kabupaten Maros yaitu pelatihan PAKEM (Pembelajaran Aktif Krartif Efektif dan Menyenangkan) untuk tingkat SD/MI, Pelatihan CTL (Contektual Aktive Learnng) Untuk tingkat SMP/MTs, Pelatihan MBS (Manajemenen Berbasis Sekolah) untuk tingkat SD/MI dan SMP/MTs, Program PPG (Penaataan dan Pemerataan Guru)  dan Program PKB (pengembangangn keprofesian berkelanjutan) dan Program B3 (Buku Bacaaan Berjenjang), Program Budaya Baca serta program diseminasi (penyebarluasan praktik yang baik dalam pendidikan)

Koordinaor Fasilitator Daerah, Alimuddin Assagaf, S.Pd mengatakan pelatihan semacam ini sangat dibutuhkan guru karena sangat sejalan dengan program  Pengembangan Keprofesian yang dikembangkan pemerintah pusat. (bsfm news department)
 
Copyright © 2014 107,3 Maros FM, Spirit Butta Salewangang. Designed by Radio Butta Salewangang (BS FM).