NEWS

Tuesday, 26 January 2016

CERITA INSPIRATIF : GUBUK SERIBU CERMIN


Syahdan, ada gubuk aneh di tengah hutan, terdapat banyak sekali cermin di dalamnya. Tak seorang pun tahu, dari mana cermin- cermin itu berasal. karena itulah, gubuk tersebut dinamakan gubuk seribu cermin.

Suatu ketika, ada seekor anjing hutan yang nyasar ke gubuk tersebut. Karena penasaran, anjing tersebut berjalan perlahan memasuki gubuk itu dengan penuh curiga. Ketika menyaksikan adanya bayangan anjing hutan lain, yang sebenarnya adalah bayangan dirinya, anjing itu langsung mengeram. Ia pun melihat bayangan anjing mengeram. Lalu ia mengeluarkan taring dan menyalak. Ternyata "anjing-anjing lain" itu juga menyalak dengan ganas. Karena ketakutan, anjing hutan itu akhirnya lari tunggang langgang, meninggalkan gubuk itu dan tak akan kembali.

Di lain kesempatan, ada seerkor anjing hutan lain yang juga nyasar ke gubuk itu. Ketika melihat "anjing-anjing lain", anjing kedua ini berreaksi dengan gembira. Ia menjulurkan lidahnya dan menggoyang-goyangkan ekornya penuh persahabatan. Ternyata "anjing-anjing lain" itu pun menggoyangkan ekor penuh persahabatan. Sejenak anjing hutan itu di dalam gubuk menikmati "anjing-anjing lain" yang ramah kepadanya,. Dan tatkala anjing itu pergi meninggalkan gubuk tersebut, ia berjanji akan kembali lagi ke situ.

Reaksi lingkungan dan orang-orang di sekeliling kita seringkali hanya merupakan cerminan dari reaksi diri kita sendiri. Perhatikan, apa yang terjadi ketika anda memasuki suatu pelataran parkir, atau saat masuk ke suatu toko, atau tatkala barang belanjaan anda di supermarket sedang discan dan di bungkus. Pernahkah anda perhatikan bahwa jika reaksi anda ramah, lingkungan di sekitar anda pun cenderuing bersikap baik dan ramah kepada anda? 

(Cerita disadur dari buku Smart Emotion : Anthony Dio Martin. Koleksi Perpustakaan Pemkab Maros - Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Maros)
 
Copyright © 2014 107,3 Maros FM, Spirit Butta Salewangang. Designed by Radio Butta Salewangang (BS FM).