NEWS

Wednesday, 27 January 2016

ANGGOTA DPRD SULSEL WAWAN MATTALIU UNGKAP HASIL KUNJUNGAN RESESNYA DI RADIO BSFM MAROS

Anggota DPRD Sulsel, Wawan Mattaliu S.Ksi melakukan Talkshow di Radio Butta Salewangang FM Maros beberapa waktu lalu (24/1/2016) menyampaikan hasil kunjungan resesnya dalam menyerap aspirasi masyarakat dari Dapil 6 Maros, Pangkep, Barru dan Pare-pare.

Wawan dipandu penyiar Lory Hendradjaya, selama 1 jam mengungkapkan banyak hal di radio yang menjadi kebanggaan Masyarakat Maros ini usai mengunjungi masyarakat di Kecamatan Maros Baru, Marusu dan Bantimurung yang kebetulan dijadikan titik untuk menjemput aspirasi.

Anggota DPRD Sulsel, Wawan Mattaliu (Kanan) dan Direktur BSFM, Lory Hendradjaya (24/1/2014) (dok. bsfm/Ady)

Wawan mengatakan, Anggota DPR memang punya kewajiban menjemput aspirasi dan merumuskan untuk menjadi program yang bisa menjawab kebutuhan langsung masyarakat. Meskipun diakui tidak semua yang diusulkan bisa Goal, tetapi minimal tugas sebagai representasi masyarakat Dapil 6 bisa terlaksana.

Dirinya mengungkapkan, dominan tantangan yang mesti dijawab bersama adalah Fasilitas publik termasuk jalan untuk menghubungkan kampung-kampung yang lebih kecil ke kota, serta bagaimana mengantisipasi Banjir. Dari beberapa item yang diusulkan masyarakat maros untuk dianggarkan di provinsi ternyata sudah dianggarkan pemerintah kabupaten dan DPRD Maros, tetapi memang diakui masih ada sekitar 20% yang harus dicover provinsi sehingga dirinya bersama putra Maros lainnya, Irfan AB memohon Doa warga Maros agar dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat Maros bisa lebih maksimal dan dimudahkan.

"Masyarakat juga diharapkan bisa memaklumi jika masih ada kebutuhan pembangunan fisik yang belum bisa dipenuhi sehingga mungkin harus bertahap." katanya

Selain itu, Wawan melihat ada kesadaran baru yang muncul ditengah masyarakat yakni munculnya kelompok-kelompok yang mencoba menjadi masyarakat partisipatif dalam pembangunan daerah. Dan hal ini sangat selaras terkait Dana Desa dan ADD yang dikucurkan pemerintah untuk Pemdes, dimana pemuda yang ada didesa sepertinya sudah paham untuk memanfaatkan momen ini sehingga bisa lebih konsentrasi dalam membangun desanya dan tidak lagi mematok untuk ke kota-kota besar untuk lebih berproses mandiri.

Terkait dengan rencana Pemerintah Provinsi di Maros, Wawan pun membeberkan jika saat ini Pemerintah Provinsi memang sedang menargetkan untuk menyelesaikan rel kereta api dengan Halte terbesar yang berada di Maros dan Fly over yang melintasi gunung-gunung di Camba sehingga akses masyarakat bisa semakin mudah utamanya pedagang dalam membawa hasil buminya bisa lebih cepat tiba di pasar dengan kondisi lebih segar.

Talkshow Anggota DPRD Sulsel, Wawan Mattaliu dipandu Lory Hendradjaya (24/1/2014) (dok. bsfm/Ady)

Terkait pandangannya soal Maros, Wawan bercerita, saat ini Maros merupakan salah satu daerah penyangga kebutuhan pangan di Indonesia, sehingga kondisi sosiologis Maros sangat siap dalam mengakselerasi kepentingan nasional di persoalan pangan. Maros juga merupakan kabupaten yang sangat strategis dan sempurna karena memiliki berbagai sumber daya mulai dari pertanian, perkebunan, perikanan, pertambangan dan sebagainya sehingga hal ini juga harus dikuatkan para pemegang kendali kebijakan di kabupaten dan membuat analisa SWOT untuk mengatasi berbagai permasalahan seperti cara mengatasi banjir dan lain-lain.

Maros, menurutnya juga merupakan kabupaten dengan tingkat investasi yang menempati urutan kedua yang setelah Makassar. Sehingga dirinya berharap kepada seluruh stakeholder, agar apapun yang dibangun di Maros, Masyarakat Maros bisa mengakses sehingga masyarakat Maros tidak merasa terasing di rumah sendiri.

Wawan berharap, anggota Dewan dan pemerintah bisa lebih tanggap dalam menerima aspirasi meskipun di media sosial karena hal itu kadang lebih efektif sebagai contoh Ketua DPRD Maros yang langsung turun lapangan mengecek laporan masyarakat terkait sekolah yang kekurangan ruang belajar. Dimana awalnya hanya diposting di Media Sosial, kemudian di angkat media lokal termasuk bsfm, hingga sampai kepada pemegang kebijakan untuk diberikan solusinya. (bsfm news department)
 
Copyright © 2014 107,3 Maros FM, Spirit Butta Salewangang. Designed by Radio Butta Salewangang (BS FM).