NEWS

Friday, 25 December 2015

SEGERA...TRADISI UNIK "MAUDU LOMPOA" DI TANRALILI MAROS

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di kabupaten Maros, ternyata termasuk yang banyak dinantikan masyarakat bukan hanya dari dalam kabupaten Maros sendiri, tetapi juga dari kabupaten/kota lain di Sulsel.

Pasalnya sebuah tradisi lokal yang disebut "Maudu Lompoa" setiap tahun di gelar di Kecamatan Tanralili, Maros.

Keunikan yang bisa disaksikan dari tradisi ini dimana dalam sebuah lapangan dipenuhi Perahu-perahu yang berisikan berbagai macam makanan seperti telur yang berwarna warni, lauk pauk khas bugis makassar, bahkan kebutuhan sehari-hari seperti sembako, baju, celana, handuk, tas bahkan sepatu pun ada dalam perahu yang dihias dengan kain sarung berbagai corak dan warna yang mencolok.

Dokumentasi : Anggota DPRD Sulsel, Wawan Mattaliu dalam perayaan "Maudu Lompoa" 24 januari 2014 tahun lalu. (ist)

Budayawan Maros, Wawan Mattaliu menyebutkan Perahu-perahu tersebut berisi beras ketan, ayam palekko dan telur berbagai warna yang akan di arak dan hal ini merupakan pertemuan utuh kearifan lokal dan Islam.

Wawan juga menambahkan, Bagi fotografer dan kameramen, hal ini merupakan momen langka dan hanya setahun sekali menemukan perahu di arak di antara rumpun bambu. sehingga perlu diabadikan."

Salah seorang tokoh Masyarakat di Tanralili, sebagaimana kami kutip dari fajar online mengatakan, tradisi Maudu Lompoa ini merupakan turunan dari Cikoang Kabupaten Takalar dimana tradisi ini dibawa pertama oleh Syekh Sayyid Jalaluddin di Takalar.

Adapun Pemilihan perahu hias untuk memeriahkan acara ini tak lain untuk menampilkan ikon Sulsel.

Peringatan Maulid ini, juga sebagai ajang silaturrahmi keluarga yang datang dari berbagai daerah. Seperti Takalar, Jeneponto dan Maros. Serta dari Bandung hingga luar pulau Jawa.

Informasi yang bsfm himpun terkait pelaksanaan Maudu Lompoa ini, menurut Awal, kepala Desa Damai, Kecamatan Tanralili, direncanakan sekitar hari minggu tanggal 3 Januari 2016, namun jika tertunda maka paling lambat tanggal 10 Januari 2016. (bsfm news department)
 
Copyright © 2014 107,3 Maros FM, Spirit Butta Salewangang. Designed by Radio Butta Salewangang (BS FM).