NEWS

Thursday, 31 December 2015

PERINGATAN MAULID DI PATTENE MAROS, DIPADATI RIBUAN JAMAAH

Momen Maulid Nabi Muhammad SAW akan diperingati ribuan jamaah Khalwatiah Samman, di Bumi Pattene, Desa Temmappaduae Kecamatan Marusu Kabupaten Maros, kamis, 31 Desember 2015.

Selain itu, akan diperingati juga Haul ke 47 Tahun dari penyebar aliran Tarekat Khalwatiah Samman, Syeikh H. Andi Muhammad Saleh Puang Turu atau juga dikenal dengan nama I Puang Lompo pada jumat, 1 Januari 2016.

Namun rangkaian kegiatan sebelum acara puncak tersebut sudah dipadati sehari sebelumnya sebagaimana yang terlihat pada rabu malam (30/12/2015) kemarin.  Seluruh jamaah Khalwatiah Samman berkumpul di Masjid Pattene hingga memenuhi halaman masjid yang diperkirakan bisa menampung hingga 10 ribu orang.

Ribuan jamaah Khalwatiah Samman (30/12/2015) terlihat padati Halaman dan Masjid Pattene Maros sehari jelang acara Puncak peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Haul ke 47 Tahun Syeikh H. Andi Muhammad Saleh Puang Turu. (dok. bsfm/SyamsirNadjamuddin)

Beberapa kegiatan jama'ah seperti silaturrahmi kepada yang diistilahkan "Si Ana mangngaji" dan kepada para Masyaikh dan para Khalifah di beberapa tempat. Rangkaian ini biasanya berlangsung selama 2 pekan sebelum hari puncak Maulid dan Haul. Selain itu, mereka juga melaksanakan Dzikir Akbar yang dikenal dengan Dzikir Samman dan dilakukan setiap usai shalat Isya dan Subuh dirangkai beberapa general studying, kajian umum, wasiat dari para ahli seperti Syeikh, khalifah dan para cendekia.

Dalam area tempat pelaksanaan acara, juga terlihat ramainya penjual musiman namun sudah diatur panitia khusus sebulan sebelum pelaksanaan acara. Mereka menjual aneka macam perlengkapan sholat, pakaian hingga mainan anak-anak.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW sudah menjadi agenda tetap bagi jemaah Khalwatiah Samman di Kabupaten Maros yang setiap tahun dihadiri jamaah se-Indonesia bahkan hingga Mancanegara. (bsfm news department)
 
Copyright © 2014 107,3 Maros FM, Spirit Butta Salewangang. Designed by Radio Butta Salewangang (BS FM).