NEWS

Wednesday, 30 December 2015

PENTINGNYA SERTIFIKASI TANAH WAKAF YANG DIBANGUNI MASJID

Tanah wakaf yang dibanguni Masjid sangat penting untuk di sertifikasi karena memberikan penguatan pemilikan tanah wakaf kepada masjid-masjid yang berdiri di atas tanah wakaf tersebut. Selain itu, untuk menghindari gugatan yang potensial terjadi di kemudian hari oleh pihak ahli waris dari wakif yang telah mewakafkan tanah tersebut.

Sertifikasi tanah wakaf ini juga jadi prioritas Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Maros dan saat ini mendapat dukungan penuh dari semua pihak seperti Pemkab Maros, Badan Pertanahan Nasional (BPN), Camat, Kepala Desa serta Pengurus Masjid.

Hal ini diungkapkan Kepala Kantor Kemenag Maros Drs. H. Syamsuddin, M.Ag sehubungan dengan rencana penyerahan sertifikat tersebut pada Hari Amal Bakti ke-70 tanggal 3 Januari 2016 mendatang. Sekitar 100 sertifikat tanah wakaf akan diserahkan pada momentum tersebut.

Kepala Kantor Kemenag Maros Drs. H. Syamsuddin, M.Ag (dok. bsfm/ist)

Sebagaimana kami lansir dari website resmi Kemenag Maros, Syamsuddin mengatakan sejauh ini dukungan pihak terkait bisa kita katakan sangat maksimal. Ini bisa dilihat dari respon yang antusias. Seperti pada saat pihaknya menyodorkan penandatanganan persetujuan itu ke pihak desa, diterima dan langsung ditandatangani pak desa.

Sejauh ini realisasinya sudah mencapai 75%. Indikatornya adalah dokumen yang sudah masuk di Badan Pertanahan Maros. Bahkan beberapa sudah selesai sertifikatnya.

Pihak BPN  Maros sendiri berjanji akan menyelesaikan semua sertifikat dari dokumen yang masuk sebelum Hari Amal Bakti tanggal 3 Januari 2016. Pada hari itu Badan Pertanahan akan menyerahkan sertifikat kepada Bupati Maros dan selanjutnya akan diserahkan ke Kementerian Agama.

Disamping itu, Kemenag juga akan mengundang perwakilan pengurus masjid dari setiap kecamatan dan akan menyerahkan sertifikat tersebut secara simbolis. Jumlah keseluruhan sekitar 100 masjid karena rata-rata tiap kecamatan ada tujuh masjid dari 14 kecamatan yang terdapat di Kabupaten Maros. (bsfm news departement)
 
Copyright © 2014 107,3 Maros FM, Spirit Butta Salewangang. Designed by Radio Butta Salewangang (BS FM).