NEWS

Wednesday, 30 December 2015

KEGIATAN KEMAH ROHIS DI MAROS PERTAMA KALI DI SULAWESI

Kegiatan Perkemahan bertajuk KEMAH ROHANIAWAN ISLAM (ROHIS) I yang diadakan di lapangan Pallantikang, Kantor Bupati Maros, sejak 28 Desember hingga 30 Desember 2015 merupakan kemah berkonsep religius islami yang pertama kali diadakan di Sulawesi Selatan.

Berbagai macam lomba bertema islami dilaksanakan dalam kegiatan ini seperti Lomba Tilawah, Ceramah, Adzan, Lomba Kebersihan Tenda, Islamic Got Talent hingga kegiatan Dzikir Akbar dan Sholat Tahajjud bersama.

Kemah Rohis I Se SMA/SMK/MA Kabupaten Maros (Dok. bsfm/sman1Maros)

Kemah Rohis I ini bertema "Berbekal Taqwa, Menjalin Ukhwah Membangun Bangsa" dan terlaksana atas kerjasama Kemenag Kabupaten Maros, Dinas Pendidikan Kabupaten Maros, MGMP PAI (Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam), serta Forum Rohis Maros (FOROS).

Diikuti 172 siswa dari 9 SMA/SMK/MA Se-Kabupaten Maros diantaranya SMAN 1 Maros, SMAN 3 Lau, SMKN 1 Maros, SMAN 6 Bontoa, SMK Tri Dharma, SMAN 4 Bantimurung, SMA Angkasa, SMAN 11 Bontoa dan SMK Bahagia Kesehatan.

Kabid Pendidikan Agama Islam (PAIS) Kantor Wilayah Kemenag Sulsel, Dr. Hj. Yuspiani,M.Pd, senin kemarin (28/12/2015) saat membuka acara berharap Maros akan menjadi contoh bagi kabupaten lain di Sulsel dalam melaksanakan kegiatan bermanfaat seperti ini karena hal ini baru pertama kali diadakan di Sulawesi.

Mantan Ketua Nahdatul Ulama (NU) Sulsel yang saat ini menjabat Wakil Ketua Surya NU Sulsel, KH. Muh. Zain Irwanto yang hadir memimpin Dzikir Akbar, selasa malam (29/12/2015) sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Dirinya berharap dengan kegiatan ini para siswa bisa semakin mengendalikan hawa nafsu dan meningkatkan hubungan sesama manusia, lingkungan dan Sang Maha Pencipta. Selain itu, siswa sebagai generasi penerus bisa semakin tercipta dan semakin baik mental dan akhlaknya.

Sementara Ketua Panitia yang juga Ketua MGMP PAI Sulsel, M. Amin S.Ag, M.Pdi saat wawancara bersama bsfm mengatakan, kegiatan ini sengaja dilaksanakan bertepatan dengan momen menjelang pergantian tahun, agar siswa bisa menahan diri dalam perayaan tahun baru yang terkesan berlebihan dan lebih banyak mengisi waktu untuk hal bermanfaat.

Kontingen dari SMAN 1 Maros yang mengutus 18 siswa dalam Kemah Rohis I di Maros (Dok. bsfm/sman1Maros)

Salah seorang peserta dari SMAN 1 Maros, Ahmad Takbir Abadi mengatakan sebagai peserta, dirinya sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena dengan kegiatan ini, Rohis sebagai remaja yang mengamalkan perilaku Rasulullah SAW bangkit kembali dan membuat sesuatu yang berharga demi Bangsa, Negara dan Agama.

Penjelasan dari Ka. Kanwil Kemenag Sulsel Drs. H. Abd. Wahid Thahir, M.Ag beberapa waktu lalu memuji dan mengapresiasi positif kegiatan seperti ini karena hal ini membuktikan sinergitas antara Kementerian Agama dengan Pemkab Maros sangat baik, dan tentu saja ke depan perlu terus ditingkatkan dalam program-program yang konstruktif bagi kedua Lembaga, sehingga memberikan dampak positif bagi masyarakat Maros khususnya Masyarakat Pendidikan. (Bsfm News Department)
 
Copyright © 2014 107,3 Maros FM, Spirit Butta Salewangang. Designed by Radio Butta Salewangang (BS FM).